News

Sunny Murray – salah satu drummer pelopor free jazz

James Marcellus Arthur “Sunny” Murray lahir di Idabel, Oklahoma 21 September 1936 adalah salah satu pelopor drum free jazz.

Murray menghabiskan masa mudanya di Philadelphia sebelum pindah ke New York City di mana ia mulai bermain dengan Red Allen dan Ted Curson, pianist Willie “The Lion” Smith, dan saxophonis Rocky Boyd dan Jackie McLean kemudian Cecil Taylor.

“Kami bermain selama sekitar satu tahun, hanya berlatih, belajar – kami pergi ke lokakarya dengan Varèse, melakukan banyak hal kreatif, hanya bereksperimen, tanpa pekerjaan”

Dia tampil di konser tahun 1962 yang berpengaruh di Denmark yang dirilis sebagai Nefertiti the Beautiful One Has Come.

Dia termasuk orang pertama yang melupakan peran drummer tradisional sebagai time keeper demi permainan murni tekstural.

Setelah periodenya dengan grup Taylor, pengaruh Murray berlanjut sebagai bagian inti dari trio Albert Ayler yang merekam Spiritual Unity: “Sunny Murray dan Albert Ayler tidak hanya menerobos garis bar, mereka menghapusnya sama sekali.”

Sejak tahun 1965, Murray merekam komposisi miliknya dengan namanya sendiri, dimulai dari Sonny’s Time Now, yang dirilis pada label Jihad milik Leroi Jones. Album ini menampilkan Ayler, Don Cherry, Henry Grimes, dan Lewis Worrell, serta Jones, yang membacakan puisinya “Seni Hitam”. (Murray menyatakan “Ini adalah rekaman yang aneh karena Albert dan Don [Cherry] bermain seperti ini [membuat suara melengking].

Kemudian, ketika dia pindah ke Eropa, dia merilis tiga rekaman di BYG Actuel. Selain itu, ia terus bermain dan merekam sebagai sideman untuk berbagai musisi.

Pada 1980, ia bersatu kembali dengan Cecil Taylor untuk rekaman It Is in the Brewing Luminous, dan pada 1996, ia merekam dengan Taylor lagi, menghasilkan album Corona, dirilis pada 2018.

Dia meninggal pada 7 Desember 2017, karena kegagalan beberapa organ pada usia 81 tahun.

Sebuah film dokumenter tentang Murray, berjudul Sunny’s Time Now: A Portrait of Jazz Drummer Sunny Murray, dirilis dalam bentuk DVD pada tahun 2008 oleh sutradara Antoine Prum.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker