News

Band Jazz Asal Belanda, Jasper Blom Quartet Ramaikan Road to TPJF 2022

Band jazz asal Belanda ramaikan road to The Papandayan Jazz Fest (TPJF) 2022 Sabtu, 8 Oktober 2022. Acara yang berlangsung di Mirten Lounge – The Papandayan ini menghadirkan Jasper Blom Quartet dan Kelapa Muda.

Setelah tahun lalu TPJF diselenggarakan secara online mengikuti peraturan pemerintah setempat dalam pelaksanaan event , tahun ini memasuki endemi TPJF kembali diselenggarakan secara offline/live mulai tanggal 28 hingga 29 oktober 2022 . Dan sebelum memasuki festival, TPJF selalu membukanya dengan Road to sebagai pembuka festival musik jazz tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2015 di Hotel The Papandayan Bandung.

Jasper Blom Quartet menampilkan empat musisi jazz Belanda yang diakui secara internasional.  Empat musisi tersebut adalah Jasper Blom pada saksofon, Reinier Baas pada Gitar, Glenn Gaddum Jr pada Bass, dan Jamie Peet pada Drummer.

Keempat musisi ini  merupakan musisi, sekaligus komposer dan produser gitaris terkemuka dari kancah Jazz Belanda  dan telah berbagi panggung dengan hampir semua artis besar terkenal di Belanda dan secara teratur mengadakan tur festival musik terbesar di Eropa.

Komposisi cerdas Blom mencakup berbagai pengaruh gaya dari musik pop melalui jazz hingga soundscapes yang bebas berimprovisasi, komposisi ini terasa pada saat mereka membawakan beberapa karya mereka seperti  Knor, The Homecoming, Your Beauty and my Brains,  Isaac, The Least of your Worries dan Waltz for Magnus

Sebelum penampilan pada malam tersebut, Jasper Blom Quartet menggelar music clinic yang dihadiri oleh musisi dan murid sekolah musik di Bandung. Pada sesi tersebut Jasper Blom Quartet membahas mengenai cara berbeda dalam mengaransemen dan mengarang lagu untuk kuartet jazz dan cara menciptakan keragaman dalam repertoar.

Panggung Road to dibuka oleh penampilan Kelapa Muda, pemenang The Papandayan Jazz Competition 2021. Kelapa Muda yang terdiri dari Samuel Song, Abraham Song dan Josafat Song ini tampil memukau dengan komposisi, improvisasi serta gaya unik bermusik mereka. Perpaduan unsur-unsur jazz kontemporer dan populer sukses mereka bawakan secara elegan dan berhasil memanjakan telinga para penonton yang hadir. Jasper Blom Quartet menutup penampilan mereka dengan berkolaborasi dalam satu panggung bersama band asal Lampung tersebut.

Penampilan Jasper Blom Quartet merupakan kerjasama persembahan dari Pusat Kebudayaan Kerajaan Belanda – Erasmus Huis yang telah mendukung TPJF sejak tahun 2018, dengan memberikan ruang bagi seni, seniman, dan komunitas musik jazz di Indonesia sehingga kegiatan ini dapat menjadi perekat hubungan antara dua bangsa.

Bagi anda pecinta jazz jangan lewatkan TPJF 2022 yang akan diselenggarakan pada 28-30 Oktober di The Papandayan Hotel, Jl. Gatot Subroto no. 83, Bandung. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian tiket bisa klik website di www.tpjazzfest.com atau akun sosial media Instagram @tpjazzfest, bisa juga menghubungi 022-7310799

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker