NewsProfile

Grzegorz Karnaz vokalis jazz keren dari Polandia

Dijuluki Der Bund, Swiss sebagai jalinan antara melankolis dan eksentrisitas dengan cara yang tidak spektakuler

Penyanyi Jazz asal Polandia, Grzegorz Karnas yang dijuluki oleh Der Bund, Swiss sebagai jalinan antara melankolis dan eksentrisitas dengan cara yang tidak spektakuler rencananya akan tampil di sejumlah tempat di Indonesia Desember 2017 ini.

Penyanyi kelahiran dataran tinggi Silesia, Polandia ini lahir dari sebuah keluarga tanpa tradisi musik. Ia telah bekerja dengan legenda jazz Polandia dan juga sejumlah artis papan atas di skena jazz Eropa.

Pada tahun 2006 dan 2007 ia dianugerahi Grand Prix jazz dalam kompetisi vokal di Bruxelles dan Crest, Prancis. Keterlibatannya oleh juri, wartawan dan penonton memberi jalan untuk tur bandnya di berbagai penjuru dunia hanya sebut saja Prancis, Jerman, Norwegia, Ukraina, Inggris Raya, Rumania, Moldova, Belgia, Maroko, Denmark, Hungaria, Swiss, Republik Cheska, Azerbaijan, Vietnam atau China termasuk penampilan di acara jazz besar seperti London Jazz Festival.

Sejak 2008 Karnas telah menjadi tokoh penyemangat dalam pergerakan Intercultural Gathering for Creativity, Expression dan Music “Voicingers” – acara yang berkontribusi baik untuk promosi penyanyi jazz di awal karir internasional mereka serta pendidikan musik untuk nonprofesional.

Albumnya dengan judul “KARNAS” dirilis pada tahun 2011 oleh label Slovakia Hevhetia dan pertunjukan livenya dari Budapest menjadi rilis sukses di bawah label BMC Records dari Hungaria yaitu AUDIO BEADS (2012) dan VANGA (2014) yang membuat Karnas merupakan elemen khas dari skena jazz Eropa.

WartaJazz berkesempatan bekerjasama dengan Grzegorz Karnas dan membawanya tampil di TP Jazz Weekend di Bandung serta tampil di Manado International Jazz Fiesta (2017).

 

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker