News

Casey Golden – pianis muda Sydney dengan visi pribadi yang kuat

Casey Golden adalah musisi berpikiran maju yang tinggal di Sydney. Pianis dengan visi pribadi yang kuat dan pendekatan instrumen yang ekspresif namun membumi dan telah terlibat dalam berbagai musik orisinal mulai dari proyek jazz/improvisasi hingga musik elektronik, pop, dan film.

Pria kelahiran 18 Januari 1988 ini aktif dalam kancah musik Australia selama 10 tahun terakhir, juga melakukan tur Australia, Asia dan Inggris dan bermain di festival termasuk Mona Foma, Byron Bay Bluesfest dan Festival Jazz Wangaratta.

Dari 2010-2016 Casey memimpin trio yang menampilkan bassis Bill Williams dan drummer Ed Rodrigues. Ketiganya membangun reputasi sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan dan merilis tiga album bersama “Outliers”, “Live at Bennetts Lane” dan “Miniatur”, dengan ketiganya menerima pujian kritis tinggi dari penerbit termasuk Semua Tentang Jazz (AS), Jazzwise (Inggris), The Sydney Morning Herald, The Australian dan Jurnal Jazz (Inggris).

Casey sempat tinggal di Inggris dari 2017-2018 dan tenggelam dalam kancah jazz London selama waktu itu. Album “Atlas” (2018) menampilkan kuartetnya yang berbasis di Inggris.

Casey menjadi finalis di National Jazz Awards, Bell Awards untuk Young Australian Jazz Artist of the Year dan APRA Professional Development Awards. Dia juga dinominasikan untuk Freedman Fellowship dengan memenangkan BBM Travel Scholarship.

Secara konsisten ia menampilkan dan merilis musik orisinal atas namanya sendiri dan juga berkontribusi pada banyak upaya artis lain sebagai pianis, pemain kunci, komposer, dan produser ataupun proyek kolaborasi.

Saat ini, Casey adalah anggota/co-leader dari trio improvisasi States of Chaos; setengah dari duo elektronik/produksi masa depan duo This week in the Universe; dan juga tampil sebagai solois, setelah merilis rekaman piano solo pertamanya Smaller Worlds pada tahun 2022.

WartaJazz pernah berjumpa dengan Casey Golden saat ia tampil dengan kelompok Alamode di Borneo Jazz Festival

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker