New ReleaseNews

Pianis François Bourassa lepas album Swirl: Live at Piccolo

Pianis François Bourassa—yang kini memiliki sebelas album musik asli di bawah namanya—telah menjadi duta bagi komunitas jazz yang berkembang pesat di Kanada pada tingkat internasional.

Francois Bourassa – Swirl

Sebagai contoh konsistensi dan evolusi, ia terus mencari tantangan baru untuk dirinya sendiri, rekannya, dan komunitas pendengarnya yang semakin berkembang.

Setelah merilis album piano solo pertamanya, L’Impact du silence pada tahun 2021, Bourassa kembali dengan Swirl, album kuartet live baru yang akan dirilis pada 7 Juli 2023.

Pada tahun 1996, trio Bourassa berkolaborasi dengan saxofonis dan pemain seruling André Leroux. Kuartet eponim Bourassa telah menjadi bagian penting dari lanskap artistik Montreal selama 25 tahun. Grup ini menampilkan bassis pendiri Guy Boisvert, saxofonis André Leroux, dan drummer Guillaume Pilote, tambahan terbaru dalam grup.

Swirl direkam langsung di Studio Piccolo di Montreal pada 2 dan 3 Juli 2022, menangkap energi dan spontanitas yang hanya bisa datang dari pertunjukan langsung. Album ini menampilkan enam komposisi asli oleh Bourassa, masing-masing menampilkan keberagaman dan gairah kuartet untuk jazz.

Talenta Bourassa awalnya diakui oleh Festival international de jazz de Montréal pada tahun 1985, yang memulai karir rekaman dan pertunjukan trionya di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Dari motif-motif memikat dari Pooloop hingga kodanya yang meledak dari 15 Notre-Dame-de-Lorette, para pendengar dapat mengharapkan perjalanan musikal yang kaya dan menarik.

“Saya merasa terdorong untuk menulis kepada Anda untuk memberi tahu bahwa kami berdua tergerak oleh musik yang Anda dan kuartet ciptakan. … Selamat atas karya yang menakjubkan. … Dan, kami harus menambahkan, sangat menyegarkan untuk mendengar musik yang memaksa pemain untuk meregangkan batas.” ujar Steve Swallow & Carla Bley, Number 9 (2017)

Swirl telah dirilis di seluruh dunia pada Jumat, 7 Juli 2023 melalui label Effendi Records.

Informasi lebih lanjut tentang François Bourassa tersedia via websitenya https://francoisbourassa.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker