IFI hadirkan Samy Thiébault & Felipe Cabrera dalam tur Indonesia 2023

Lewat “Awé!”, Samy Thiébault menutup album trilogi yang dimulai dengan “Caribbean Stories” dan diikuti oleh “Symphonic Tales”. Album baru ini menyoroti keinginan pemain saksofon ini untuk melakukan kreasi musik, menciptakan bahasa baru dari elemen-elemen yang diambil dari musik Karibia serta jazz modern dan klasik.

Pada November 2023, Samy Thiebault akan singgah di Indonesia dan melakukan tur konser di beberapa kota di Indonesia dan di perhelatan jazz akbar yang sudah ada sejak belasan, bahkan ada yang umurnya sudah lebih dari 40 tahun diselenggarakan. Samy Thiebault akan menjelajahi kota-kota di Indonesia yaitu Jakarta pada tanggal 12 November 2023 dalam rangka Jazz Goes to Campus ke-46, Surabaya pada tanggal 15 November 2023 di Whiz Luxe Hotel, lalu tanggal 18 November 2023 dalam perhelatan Ngayogjazz, yang tahun ini diadakan di Sleman, Yogyakarta.

Yang istimewa dari tur konser ini adalah Samy Thiebault tidak hanya sendirian menyajikan konsernya. Selain memang ia datang dengan format Duo, dengan Felipe Cabrera, pemain kontrabas, Samy Thiebault Duo akan berkolaborasi dengan sejumlah musisi-musisi kenamaan di tiap tanggal dan kota yang berbeda. Pada pagelaran pertamanya di Jakarta, yaitu Jazz Goes to Campus ke-46, mereka akan berkolaborasi dengan Sri Hanuraga yang seorang pianis jazz dan Kelvin Andreas, seorang pemain drum jazz. Mereka berempat akan menyajikan karya-karya indah dari komposisi-komposisi yang dibuat oleh Samy Thiebault sendiri, dari album ”Awé!”.

Selanjutnya ketika tiba di Surabaya, Samy Thiebault Duo langsung dipertemukan dengan String Orchestra of Surabaya (SOOS) untuk melatih beberapa nomor-nomor yang akan disajikan pada tanggal 15 November 2023 di Whiz Luxe Hotel, Surabaya. Bersama 9 musisi dari SOOS, Samy Thiebault Duo akan menyuguhkan jazz megah kepada publik di Surabaya.

Rangkaian tur Samy Thiebault Duo di Indonesia akan ditutup pada tanggal 18 November 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaan Yogyakarta selaras dengan tur konser Samy Thiebault Duo, yang mana tanggal tersebut sangat cocok dengan hari digelarnya perhelatan akbar tahunan yaitu Ngayogjazz 2023. Untuk menghormati festival jazz yang semakin beranjak dewasa di edisi ke-17 ini, Samy Thiebault Duo juga mengajak beberapa musisi jazz dari Yogyakarta untuk berkolaborasi dalam penampilan mereka di Ngayogjazz 2023.

”Ini adalah hal yang kami idamkan, sebagai pembawa misi pertukaran budaya Prancis-Indonesia. Secara Samy Thiebault dan Felipe Cabrera, walaupun dengan waktu tur yang sangat singkat di Indonesia, mereka dapat dikolaborasikan dengan berbagai musisi, seniman, dan penyelenggara acara yang berbeda-beda di setiap kota” Ujar Charlotte Esnou, selaku Atase Kebudayaan Kedubes Prancis untuk Indonesia.

Exit mobile version