News

Belaian suara Cassandra Wilson dan rajutan musik multigenre

Cassandra Wilson, musisi jazz yang berasal dari Jackson, Mississippi, adalah sosok serba bisa yang menggeluti bidang musik sebagai vokalis, penulis lagu, dan produser. Kritikus ternama Gary Giddins memuji dirinya sebagai “seorang penyanyi yang diberkati dengan nada dan kemampuannya merajut unsur-unsur blues, country, dan folk ke dalam karya musiknya.

Perjalanan musikal Wilson dimulai dengan pelajaran piano sejak usia enam, diikuti dengan penguasaan gitar pada usia dua belas tahun. Pada pertengahan tahun 70-an, dia telah memulai karir vokalnya, merangkul beragam genre musik.

Pindah ke New York City pada awal tahun ’80-an, Wilson menjadi tokoh kunci di M-Base Collective setelah berkenalan dengan saksofonis Steve Coleman.

Setelah masa kerjanya dengan M-Base, Wilson mencari konteks vokal yang lebih akustik. Menandatangani kontrak dengan Blue Note Records pada tahun 1992, dia merilis album revolusioner berjudul “Blue Light ‘Til Dawn,” membuka jalan bagi gelombang baru penyanyi jazz yang menantang dominasi American Standard songbook.

Evolusi artistik Wilson terlihat dalam diskografinya, dari menafsirkan jazz dan blues klasik hingga musik country dan folk. Pencapaiannya meliputi dua Grammy, Django D’Or, Edison Music Award, dan penghargaan di Mississippi Blues Trail. Pada Maret 2022, dia dihormati dengan National Endowment for the Arts Jazz Masters Fellowship. Wilson memainkan peran penting dalam karya Wynton Marsalis yang meraih Pulitzer Prize, “Blood on the Fields,” sebagai komposisi jazz pertama yang mendapatkan pengakuan tersebut.

Pada tahun 2015, Wilson bergabung dengan Legacy, anak perusahaan Sony Music, merilis “Coming Forth By Day” pada peringatan 100 tahun kelahiran Billie Holiday.

Sebagai NEA Jazz Master 2022, Wilson baru-baru ini meluncurkan reallycassandraradio.com, membangun hubungan yang lebih langsung dengan audiensnya. Bagian “Secret Garden” di situs tersebut memungkinkan pendengar menjelajahi pilihan dari katalog musiknya yang luas. Proyek mendatangnya, “Jupiter Rising,” dijadwalkan rilis dalam format vinyl pada Oktober 2023. Dampak abadi dan semangat inovatif Cassandra Wilson terus membentuk pemandangan jazz kontemporer.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker