News

Selebrasi 85th Blue Note Records dirayakan dengan tour The Blue Note Quintet

Hadirkan bintang kolektif Gerald Clayton, Immanuel Wilkins, Joel Ross, Kendrick Scott, Matt Brewer

Kuintet Blue Note, kolektif bintang yang terdiri dari artis rekaman Blue Note, pianis dan direktur musik Gerald Clayton, saksofonis alto Immanuel Wilkins, pemain vibraphone Joel Ross, dan drummer Kendrick Scott, serta bassis Matt Brewer—akan memulai tur luas di Amerika Utara bulan ini untuk merayakan Peringatan ke-85 Blue Note. Tur 35 tanggal ini dimulai pada 18 Januari dan membawa band ke seluruh AS dengan pertunjukan di Detroit (Majestic Theater, 19 Januari), Los Angeles (Lodge Room, 4 Februari), Chicago (Symphony Center, 16 Februari), New York (Symphony Space, 23 Februari), dan lainnya.

Kunjungi bluenote.com untuk daftar lengkap tanggal dan informasi tiket.

“Gerald Clayton menyatakan, “Blue Note telah menjadi rumah yang luar biasa untuk komunitas, musisi luar biasa, kreativitas, selama semua tahun ini. Anda tidak bisa tidak memikirkan semua master, semua pahlawan yang telah Anda dengarkan sejak kecil. Untuk mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan dan mencoba membawa sedikit dari esensi itu ke depan adalah suatu kehormatan.

Blue Note Records didirikan pada 6 Januari 1939 ketika seorang imigran Jerman-Yahudi dan penggemar Jazz yang bersemangat bernama Alfred Lion memproduksi sesi rekaman pertamanya di New York City.

Label ini terus mewakili The Finest In Jazz, melacak seluruh sejarah musik dari Hot Jazz, Boogie Woogie, dan Swing, melalui Bebop, Hard Bop, Post-Bop, Soul Jazz, Avant-Garde, dan Fusion, dan—setelah dihidupkan kembali oleh Bruce Lundvall pada tahun 1984—tetap menjadi label terkemuka yang berdedikasi untuk mendokumentasikan adegan Jazz yang penuh semangat dan kreatif saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Don Was, yang mengambil alih kendali pada tahun 2012.

Suara muda yang visioner dalam jazz telah lama menjadi darah kehidupan dari Blue Note Records, dan The Blue Note Quintet melanjutkan tradisi bintang-bintang muda dari daftar artis bergabung untuk merayakan warisan tak tertandingi label ini, termasuk Out of the Blue, Superblue, New Directions, The Blue Note 7, dan The Blue Note All-Stars.

***

Gerald Clayton bergabung dengan Blue Note pada tahun 2020 dan telah merilis dua album—Happening: Live At The Village Vanguard dan Bells On Sand—serta tampil di album-album Blue Note oleh Charles Lloyd, Ambrose Akinmusire, dan Bill Frisell.

Kendrick Scott bergabung dengan Blue Note pada tahun 2015 dan telah merilis tiga album untuk label tersebut—We Are The Drum, A Wall Becomes A Bridge, dan Corridors—serta tampil di album-album Blue Note oleh Terence Blanchard, Walter Smith III, dan Blue Note All-Stars.

Joel Ross datang ke Blue Note pada tahun 2019 dengan merilis KingMaker dan sejak itu merilis Who Am I? dan The Parable Of The Poet dengan album terbarunya nublues yang akan dirilis pada Februari 2024. Dia juga tampil di album-album Blue Note oleh Makaya McCraven, Johnathan Blake, Joshua Redman, dan Meshell Ndegeocello.

Immanuel Wilkins merilis debut Blue Note-nya, Omega, pada tahun 2020 yang diikuti oleh The 7th Hand pada tahun 2022. Dia adalah anggota Joel Ross Good Vibes dan Johnathan Blake Pentad serta menjadi bagian dari band tribute Leonard Cohen, Here It Is.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker