News

Mercy Dumais: Melodi Jazz Bossa Nova dari Indonesia

Mercy Dumais adalah seorang penyanyi jazz Bossa Nova asal Indonesia. Ia telah terlibat dalam berbagai pertunjukan musik Brasil dan tampil dalam banyak acara musik terkait musik Brasil.

Mercy memulai karir menyanyinya setelah tinggal di Tokyo, Jepang selama 7 tahun. Ia mendengarkan banyak musik Bossa Nova Brasil selama tinggal di Jepang. Pertemuan dengan Zarro pada tahun 2003 di Jakarta membuat karirnya melesat, karena mereka memiliki selera musik yang sama.

Terutama bernyanyi dalam bahasa Portugis membuat penampilannya sangat diterima dengan baik di Kedutaan Besar Brasil di Jakarta. Dia sering tampil dalam acara dengan bagian musik pada Hari Kemerdekaan Brasil di Jakarta sejak tahun 2006. Mercy juga mewakili Brasil untuk Gala Latina Blanca 2012 di Jakarta, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ibero Amerika (IAA). Mercy telah melakukan wawancara dengan musisi Brasil seperti Toninho Horta, Ivan Lins, Ellaine Elias, Leonardo Amuedo, Daniel Santiago, Trio Pasqual, Lica Cecato, hingga Bebel Gilberto. Mereka membentuk FOB (Friends Of Brazil), sebuah komunitas nirlaba untuk pecinta musik Brasil.

Setelah beberapa tahun bekerja dengan Kedutaan Besar Brasil di Jakarta, Mercy mulai berkolaborasi dengan berbagai band. Ia juga berkolaborasi dengan Galaxy Big Band, sebuah band Jepang, serta dengan musisi Jepang yang datang ke Indonesia seperti Makoto Kuriya, Kaori Mukai, Yukako Yamano & Kyoji Yamashiro, dan penyanyi senior asal Jepang, Yukari Murazaki.

Mercy juga berkolaborasi dalam acara di tiga negara: Indonesia, Jepang, dan Brasil bersama Toninho Horta, Makoto Kuriya, dan Bass Indro Hardjodikoro yang diadakan di Motion Blue Jakarta. Sebelum pandemi, Mercy juga berkolaborasi dengan band-band Jepang di Tokyo dan Fukuoka, termasuk dengan Galaxy Big Band Tokyo bersama Neea Rachma dan Yukako Yamano.

Meskipun album Mercy Dumais telah dirilis sebelum pandemi, namun belum diluncurkan karena situasi saat itu. Album ini terdiri dari berbagai jenis irama sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan musik.

Menjelang akhir pandemi, Mercy mulai menjelajahi Bali. Ternyata ia mendapat apresiasi yang sangat baik, sehingga Mercy dapat berkolaborasi dengan banyak band dan musisi senior lokal. Kolaborasi pertamanya di Bali adalah dengan Idham Noorsaid di Ryoshi House of Jazz Bali. Juga dalam acara Jazz Cup yang dipandu oleh Idham Noorsaid di Kuta Bali.

Di Ryoshi House of Jazz, Mercy juga berkolaborasi dengan pemain senior Riwin Dacuba, salah satu gitaris senior Bali dari grup Legend Tropical Transit. Ia juga tampil di The Suku Ubud bersama tim Riwin Dacuba dan Bogie Prasetyo, Dony Joesran, dan Ivan Wisnu.

Mercy juga tampil dalam acara Jazz by the Sea yang diselenggarakan oleh Ubud Jazz Festival Bali dan Kempinsky Hotel Bali setiap bulannya.

Ia tampil di Solo City Jazz bersama Rio Moreno dan tim Latin Groove. Juga tampil beberapa kali di Fabster Jakarta dengan beberapa musisi.

Selanjutnya, Mercy juga berkolaborasi dengan banyak musisi senior Indonesia, seperti Agam Hamzah, Oele Pattiselano, Cendy Luntungan, Happy Pretty, dan lainnya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker