News

Bintang Indrianto Gandeng Biduanita Legendaris, Atiek CB, Dalam Album Nusantara.

Pemain bass Indonesia yang dikenal lewat kepiawaiannya memainkan musik jazz, Bintang Indrianto, merilis album terbaru bertajuk Nusantara. Menariknya album ini menampilkan kolaborasi Bintang dengan penyanyi legendaris yang cukup lama absen dari dunia musik Indonesia, Atiek CB. Nusantara dirilis secara resmi pada 2 Februari 2024 dalam format digital melalui kerja sama dengan label rekaman demajors.

Album Nusantara berisikan tujuh lagu baru yang dibesut Bintang Indrianto khusus untuk Atiek CB. Syair-syairnya pun dibuat langsung oleh Bintang, kecuali satu yang hasil tulisan sang istri, Ernie. Semuanya berawal dari penampilan kolaborasi Bintang dan Atiek di Jazz Gunung Bromo tahun 2023 lalu.

“Saya merasa sangat terkesan dengan lagu-lagu lama saya yang diaransemen dengan musik yang unik oleh Bintang. Yang dihasilkan di Jazz Gunung Bromo adalah salah satu musik terbaik dalam sejarah karir musik saya. Pengalaman itu membuat saya jatuh cinta dengan musiknya Bintang dan tertarik mengeksplorasi sesuatu yang baru dengan musik yang lebih menantang. Saya merasa Bintang bisa memberikan ruang bagi saya untuk mengeksplorasi musik yang lebih mendekati idealisme saya,” ujar Atiek CB yang memulai karir rekamannya di dekade ’80-an.

“Awal mula dikenalkan oleh Dewa Budjana. Setelah kemudian berkolaborasi di Jazz Gunung saya iseng bertanya, jika ada lagu beliau yang boleh saya buatkan aransemen musiknya?

Ternyata Mbak Atiek malah balik bertanya dan memberitahukan kesediaannya jika saya ada lagu untuknya. Wah, sungguh tantangan menarik yang saya realisasikan karena belum tentu terulang.

Saat itu tak terbayangkan, seorang Atiek CB bernyanyi di lagu saya, bahkan hingga 6 lagu!” tukas Bintang dengan penuh semangat.

Perilisan album Nusantara juga menampilkan lagu “Kasih” sebagi focus track. Atiek CB tampil dengan penuh kematangan emosi menimpali musik Bintang Indrianto yang menantang tetapi relatif mudah diterima. Kolaborasi mereka terjalin begitu erat dan hangat.

“Mbak Atiek selalu punya warna sendiri untuk menyatu dengan aransemen musik, dia selalu mempertimbangkan harmoni musik yang tersedia, lalu dengan sigap menimpalinya, dengan cara dia,” ujar Bintang terkesan.

“Di luar ekspektasi, Bintang itu tidak seperti kebanyakan arranger atau musisi lain yang saat kerja sama dengan penyanyi biasanya terlalu controlling. Bintang selalu mempercayakan sepenuhnya untuk saya berkreasi sesuai karakter saya sebagai penyanyi dan memberikan kebebasan. Cara pendekatan Bintang membuat percaya diri seorang penyanyi seperti saya, itu sangat penting,” cerita Atiek.

Album Nusantara dan focus track “Kasih” bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital di antaranya Spotify, Apple Music, TikTok Music, Joox, Resso, YouTube Music, dan Deezer.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker