News

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

TikTok Rising Indonesia mendukung para artis pendatang baru melalui fitur dan program yang memanfaatkan kekuatan penemuan TikTok, untuk mendorong lagu dan profil mereka ke panggung global

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi dan penggemar yang dinamis, serta merayakan keberagaman musik di dunia musik Indonesia.

Sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, TikTok Rising Indonesia bertujuan untuk mengungkap dan menyoroti bakat-bakat lokal — baik mereka yang mapan maupun baru, terikat dengan label atau berdiri secara independen. Musisi dan kreator dapat memanfaatkan berbagai dukungan yang ditawarkan melalui program ini, seperti tagar #RisingOnTikTok dan fitur lain yang tersedia di platform untuk memamerkan karya seni mereka, ditemukan, serta berinteraksi dengan komunitas. Terlebih lagi, tagar #RisingOnTikTok telah menjadi tempat untuk menemukan bakat-bakat musik Indonesia yang akan datang.

Tim TikTok secara konsisten memantau tagar ini untuk menemukan musisi pendatang baru yang tengah trending di TikTok. Para musisi yang ditemukan ini kemudian akan diundang untuk bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia. Setelah menjadi bagian dari program ini, para musisi tersebut akan dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur dalam aplikasi, yang dapat digunakan untuk memperkuat keberadaan mereka sekaligus berinteraksi dengan audiens baru.

Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA menyatakan, “TikTok dikenal akan kemampuannya untuk menemukan bakat-bakat baru dan memfasilitasi hubungan antara musisi dan penggemar. Para talenta ini, termasuk musisi pendatang baru yang berasal dari beragam genre dan latar belakang musik, menunjukkan betapa kayanya musik Indonesia. Lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu disukai oleh pendengar dari segala usia dan terus menciptakan terobosan baru. Karenanya, sejalan dengan misi kami untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, kali ini melalui program baru bernama TikTok Rising Indonesia.”

Membantu calon musisi dan kreator agar dapat ditemukan dan berinteraksi dengan komunitasnya
Para musisi, baik yang baru maupun yang sudah mapan, maupun yang memiliki kontrak dengan label atau independen, menggunakan TikTok untuk berbagi kreativitas mereka, mendapatkan pengakuan, menemukan inspirasi kreatif, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar orang di dalam komunitas TikTok. TikTok menawarkan berbagai fitur untuk menampilkan bakat dan berinteraksi dengan komunitas, antara lain fitur seperti “duet”, “stitch”, dan “LIVE”. Musisi Indonesia seperti Fabio Asher telah memanfaatkan TikTok untuk menampilkan bakat mereka, yang menarik perhatian penggemar dan profesional di industri musik. Memanfaatkan banyaknya jumlah pendengar yang mereka kumpulkan di TikTok, mereka pun merilis berbagai single populer yang meraih banyak penghargaan.

Musisi yang telah mapan pun juga memanfaatkan TikTok sebagai cara untuk menjangkau audiens baru. Widi Puradiredja dan Indah Wisnuwardhana dari MALIQ & D’Essentials mengungkapkan, “Saat pertama kali trending di TikTok, kami menemukan penggemar muda dan penonton baru yang ingin mendengarkan musik kami. Yang mengejutkan, mereka tidak hanya menyukai rilisan baru dari kami, tapi juga mempelajari lagu-lagu lama kami, beberapa di antaranya yang bahkan dirilis sebelum mereka lahir!”

Lagu hit terbaru mereka, ‘Aduh’, menginspirasi terciptanya lebih dari 145.000* kreasi video, sementara single berikutnya, ‘Kita Bikin Romantis’, melampaui 1,8 juta* kreasi di TikTok hanya dalam tiga minggu. Kesuksesan ini berlanjut di luar platform, di mana kedua lagu ini menduduki posisi #74** dan #22** pada chart Spotify Top 200 Indonesia.

Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA menjelaskan tujuan program TikTok Rising Indonesia
Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA menjelaskan tujuan program TikTok Rising Indonesia

 

Lebih banyak cara kreatif bagi musisi untuk meningkatkan kehadiran dan memperluas jangkauan mereka
Budaya tagar TikTok memainkan peran penting dalam penemuan musik. Tagar seperti #NewMusic telah ditonton miliaran kali, menjadikan tagar tersebut sebagai tempat mencari rilisan dan cuplikan karya terbaru dari artis-artis di seluruh dunia. Tagar yang berfokus untuk menemukan artis dan karya baru ini memberikan wadah bagi para talenta baru untuk berbagi musik mereka dan menjalin hubungan dengan penggemar.

Selain itu, program TikTok Rising Indonesia menawarkan serangkaian fitur yang ditujukan untuk membantu musisi pendatang baru dalam mempromosikan lagu mereka, mendorong profil mereka, dan berinteraksi dengan komunitas TikTok, termasuk: #BehindTheSong: Tagar di TikTok menjadi alat bagi penulis lagu dan produser musik ternama untuk berbagi proses kreatif mereka dalam menciptakan musik khusus dan lagu yang diakui secara global. Dengan lebih dari 2 miliar penayangan, tagar ini telah berkembang menjadi tujuan utama bagi para penggemar musik yang ingin membuka wawasan tentang perjalanan kreatif di balik lagu-lagu favorit mereka.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker