News

Dan Berglund, kontrabasis pentolan e.s.t

Dan Berglund (lahir 5 Mei 1963) adalah seorang musisi asal Swedia yang terutama memainkan kontrabas dan dikenal dalam dunia jazz dan fusion.

Berglund akrab dengan musik rakyat Swedia serta dengan musik pop dan rock. Pada usia sepuluh tahun, ia mulai memainkan gitar rock, tetapi kemudian beralih ke gitar bass.

Sebagai bagian dari pelatihan musiknya di Birka Folkhögskola di Östersund, ia mulai memainkan kontrabas dan bermain di orkestra simfoni regional, di mana ia juga tampil sebagai tamu dan muncul di televisi untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1990, ia pindah ke Stockholm untuk belajar di Kungliga Musikhögskolan. Di sana, ia bermain dalam grup Jazz Furniture dan dalam kuintet Lina Nyberg, di mana ia bertemu dengan Esbjörn Svensson.

Mulai tahun 1993, ia menjadi anggota dari Esbjörn Svensson Trio yang sangat sukses e.s.t, dengan siapa ia merekam banyak album dan tur keliling dunia. Ia menjadi anggota trio tersebut hingga kematian Svensson pada tahun 2008.

Pada tahun 2009, ia mendirikan band crossover miliknya sendiri, Tonbruket, yang meliputi Johan Lindström (gitar, keyboard), Martin Hederos (piano, akordion, biola, keyboard), dan Andreas Werliin (drum, perkusi), yang bukan berasal dari dunia jazz. Album debut band tersebut pada tahun 2009 memenangkan Swedish Grammy.

Bersama Magnus Öström dan Bugge Wesseltoft, ia telah menjelajahi kesuksesan dunia yang lain yakni trio RYMDEN, menghasilkan 3 album studio sampai saat ini, satu bersama Norwegian Radio Orchestra – KORK, dan beberapa live EP penuh dengan komposisi yang menggoda.

Sejak tahun 2013, Magnus Öström dan Dan Berglund melakukan tur dengan proyek e.s.t. simfoni bersama aransemen dan konduktor Swedia, Hans Ek, menampilkan versi simfoni dari lagu-lagu e.s.t.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker