Review

JEFF KASHIWA – SIMPLE TRUTH

Debut album Jeff Kashiwa tahun 2000 di Native Language, “Another Door Opens” merupakan bukti ramalan yang menggembirakan. Dilepas hanya dalam waktu satu setengah tahun setelah kepergiannya dari The Rippingtons — dimana dia bermain selama 10 tahun — rekaman ini sangat memukau di radio dan sukses dalam penjualan, membuat status pemain saksofon ternama ini meningkat diantara pemain Smooth Jazz lainnya. Single pertamanya yang sangat memukau “Hyde Park (Lagu The ‘Ah, Oooh’ ),”menjadi #1 di tangga lagu Radio & Records’ Smooth Jazz selama lebih dari 8 minggu dan menjadi salah satu yang bertengger cukup lama dalam genre musik ini. Berikutnya, giliran “Around the World” juga turut masuk dalam jajaran 5 besar.

Kashiwa yang menghabiskan waktunya dalam tur, lebih dari 100 hari pada tahun 2001 dengan bandnya Coastal Access bersama gitaris dan saksofonis (Craig Chaquico, Jeff Golub, dan Warren Hill) dan Acoustic Alchemy. Dalam solo karirnya yang penuh dengan swing Kashiwa mencari judul konsep untuk albumnya yang terakhir dimana akan menjadikan refleksi secara jujur terhadap perasaannya dalam musik. Pada tahun 2002, semuanya dicurahkan dalam album Simple Truth.

Daripada menjalani kegiatan rutin seperti biasanya yaitu melakukan rekaman beberapa track di Seattle (rumahnya) atau Los Angeles ( dimana kebanyakan dari temannya tinggal) – dimana mungkin ada gangguan dari pihak luar – Kashiwa mengatur perjalanan untuk seluruh anggota band terbang ke Bonn, Jerman, selama seminggu untuk melaukukan rekaman di Hansahaus Studios dengan bantuan ahli rekaman bernama Klaus Genuit. Musisi yang mendukung album Simple Truth terdiri dari Mark Stephens(keyboard), Allen Hinds(gitar), Melvin Davis(bass) , Dave Hooper(drum), dan pemain perkusi sekaligus teman di Rippingtons, Steve Reid. Pemain lain yang juga turut serta adalah mantan keyboardis Rippington, Dave Kochanski – yang juga telah menjadi teman sekaligus membantu menulis beberapa lagu dalam album “Another Door Opens’ – kali ini juga membantu menulis lagu sebanyak 5 buah bersama Kashiwa.untuk album “Simple Truth”.

Yang jadi pengalaman berharga bagi Kashiwa dalam rekaman ini karena hadirnya gitaris veteran Chuck Loeb, membawa tradisi dan keahliannya dalam Smooth Jazz untuk menggarap album Simple Truth dengan bertidak selaku produser. Kashiwa sebelumnya menjadi pembawa acara musik untuk amal yang diadakan setahun sekali untuk klub Broward County Boys & Girls dan tahun lalu ia diajak Chuck untuk tampil bersama dengannya. “Kami sangat senang tampil dan memberikan klinik musik untuk anak-anak, dan Chuck sangat berperan sekali dengan kontribusinya terhadap saya,” kata Kashiwa.”Yang saya suka dari cara pandangnya adalah dia sangat cakap dalam berbagai hal. Dia juga pernah bermain dengan Stan Getz, sehingga dia faham dengan straight-ahead jazz, dan dia juga gampang beradaptasi selain menjadi seorang pemain gitar Smooth Jazz kelas dunia, jadi [saya piker] sangat cocok untuk memproduksi album Simple Truth ini. Sebagai contoh, ide dasar saya adalah menciptakan track dalam album yang baru ini dengan irama Smooth Jazz dimana ada permainan drum dan synthesiszer. Namun setelah Chuck mendengar dan mendiskusikannya lagi dengan saya, ia menyarakan agar saya memainkkannya secara live bersama-sama dengan band dengan pikiran yang lebih terorganisir. Dia menjadikan track [yang ada] jauh lebih baik. Fokusnya pada keseluruhan meyakinkan kami untuk bermain dengan jujur. Lagu lainnya seperti ‘3-Day Weekend’ merefleksikan rasa senang, atmosfir pesta yang dibagi. Ini sungguh merupakan pengalaman yang menyenangkan.”
“Sungguh memuaskan ketika para penggemar yang menyaksikan kami bermain dengan the Rippingtons ingin mendengarkan lagu baru. Ketika mereka menyukainya, saya tahu bahwa saya telah berjalan di jalur yang benar. Banyak pemain saksofon di luar sana. Saya menyadarinya bahwa kunci dari keberhasilan adalah berdiri sendiri dan bertahan dengan sabar seraya menemukan hal sederhana bahwa saya memiliki sesuatu yang unik dan itu harus dibagi[dengan yang lain]. Jika saya bermain di depan penonton dan menampilkan yang terbaik, maka saya akan berkomunikasi dengan mereka. Jika anda menampilkan kebenaran akan diri kita sendiri, itu akan bergema.”

Pada catatan terakhir Jeff berkomentar, “Kekuatan, ketenangan, kesabaran , kebenaran ada dalam diri kita dan menunggu untuk dijelajahi.(*/Hermawan/JeffKashiwa.com/WartaJazz.com)

JEFF KASHIWA – SIMPLE TRUTH
Native Language 0926

Komposisi:
1. 3-Day Weekend — 4:53
2. Voices — 4:41
3. Show Me Love — 4:38
4. A Quiet Goodbye — 4:28
5. The Good Life — 4:51
6. Simple Truth — 6:38
7. Mediterranean Nights Intro — :36
8. Mediterranean Nights — 4:32
9. Something About You — 4:15
10. Thanks To You — 4:43

Musisi:
Jeff Kashiwa – alto, soprano, tenor saksofon & tamborin
Dave Kochanski – keyboards, moog bass & programming
Mark Stephens – piano & addl. keyboards
Chuck Loeb – gitar klasik
Allen Hinds – gitar elektrik & akoustik , bazouki & sitar elektrik
Melvin Davis – bass
Dave Hooper – drum
Steve Reid – percussion
Michael Davis – trombone
Barry Danielian – trumpet
David Mann – tenor sax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker