Profile

SCOTT ROSENBERG

Dilahirkan pada tahun 1972 komposer dan multi-reed player Scott Rosenberg yang berasal dari San Fransisco Bay Area dan jebolan Mills College dan Wesleyan University ini melalui musiknya banyak mengkombinasikan eksperimentasi, improvisasi dan pemunculan konteks-konteks non tradisional dan ini membuatnya diakui sebagai salah seorang musisi dan pemain musik yang penting dalam perkembangan improvisasi dan new-music. San Fansisco Weekly pernah menulis bahwa Scott Rosenberg merupakan orang terdepan yang berdedikasi membangkitkan suatu gelombang baru. Dengan kepindahannya ke Chicago, Rosenberg telah menarik banyak perhatian banyak kalangan termasuk pers lokal atas karya-karya solonya dan banyak yang beranggapan bahwa dia mampu berinteraksi dengan dirinya sendiri secara mengagumkan sehingga karya-karya yang dibawakan dan dimainkan selalu mempunyai ciri khas tersendiri dan selalu bisa menampilkan ekspresi yang sangat mengagumkan.

Rosenberg seringkali membuat suatu proyek individual yang menarik bersama grup yang besar seperti Kensington Orchestra Project dan Free-Standing Orchestra yang beranggotakan 40 orang dimana mereka menampilkan suatu musik orkestra yang interaktif yang disebut sebagai “a watershed moment”. Dikarenakan even-even musik yang dibawakan Rosenberg selalu mempunyai suatu keunikan tersendiri dan selalu ingin mecoba menampilkan sesuatu yang baru membawa Rosenberg pada beragam konteks dari penampilannya pada beberapa tahun ini, dari mulai kolaborasi multi-disiplin seni sampai penampilan dengan memainkan sopranino saxophone dan contrabass clarinet yang memang sangat jarang ditampilkan secara solo, dan hal-hal ini sepertinya membuat setiap penampilan Rosenberg menampilkan pengalaman-pengalaman baru baik mungkin bagi Rosenberg sendiri maupun para audiensnya.

Debut rekaman pertama dari Scott Rosenberg dalam bentuk CD yang dibuat dibawah label Super J Recordings mendapatkan sambutan yang sangat bagus dan seriung iputar dan disiarkan di radio-radio umum maupun radio-radio kampus di berbagai kota. Rekaman ini menampilkan musik Scott Rosenberg bersama quartetnya yang terdiri dari pemain perkusi Gino Robair, pemain contrabass Morgan Guberman dan pemain reed Matt Ingals. Rekaman ini dikomentari oleh Cadence Magazine sebagai sebuah rekaman yang mengesankan yang layak untuk ditunggu kembali album berikutnya, bahkan Art Lange dari Pulse memberikan bintang tiga setengah(3 1/2) untuk rekaman ini, dan penilaian ini sesuatu yang cukup menggembirakan dan menunjukkan bahwa Scott Rosenberg mulai diperhitungkan dalam percaturan musik.

Album berikutnya, IE, for large ensemble yang dirilis oleh label milik Rosenberg sendiri Barely Auditable Records ditahun 1999 dan menampilkan orchestrasi musik dari Rosenberg dengan didukung oleh ensemble dari Bay Area yang menampilkan suatu improvisasi yang sangat baik sekali. Oleh 21st Century Music Journal, IE dinilai penuh dengan nuansa dan kejutan dan Dick Metcalf dari Improvisation Nation menilai album ini Highly Recomended. Tambahan pula pada komposisi untuk acoustic ensemble dan musik improvisasi, Rosenberg bersama komposer Jesse Gilbert membentuk dan mengorganisasi sebuah kolaborasi berbasis internet yang disebut Finding Time, yang menghubungkan para pemain instrumen di beberapa benua dalam siaran langsung live interaktif dari penampilan grafik-grafik. Proyek ini didukung oleh Turbulence dan The Jerome Foundation, melibatkan artis-artis grafis, para musisi dan para programmer komputer dari seluruh dunia, suatu proyek multimedia yang berdasarkan suatu pemahaman mengenai Global Village.

Setelah sukses dengan beberapa proyek awalnya dan namanya mulai banyak diperbincangkan juga diperhitungkan sebagai salah satu musisi dan komposer yang telah memberi kontribusi pada dunia musik terutama musik improvisasi Scott Rosenberg meneruskan dedikasinya pada musik improvisasi dengan menggarap proyek-proyek lain seperti proyek dengan New Chamber Music, Solo contrabass clarinet dan sopranini saxophone yang direkam dibawah label Umbrella Records, komposisi solo piano yang dimainkan oleh Hadley MacCarrol. Kemudian duet dengan saxophonist Anthony Braxton selain bermain bersama Anthony Braxton’s Tentet dan pemain gitar John Shiurba.

Sejak tahun 1994, sebagai seorang musisi yang aktif Rosenberg juga banyak tampil baik di club-club maupun di festival seperti Knitting Factory, Monterey Festival, Yoshi’s Nightspot, The Empty bottle, Jazz Em Agosto, Radio One Austria selain dia juga presenter di brickhouse dan DJ di sebuah radio dan dia juga sudah banyak berkolaborasi atau bermain bersama musisi-musisi terkemuka terutama para musisi avant garde seperti Pauline Oliveros, Anthony Braxton, Christian Wolff, Eugene Chadbourne, Zeena Parkins, Glen Spearman, Gino Robair, Dan Plonsey, Chris Brown, Tim Perkis, Maggi Payne dan masih banyak lagi. Memang tidak berlebihan apabila kita berpendapat bahwa Scott Rosenberg merupan seorang komposer dan musisi muda yang cukup handal dan konsisten dalam mencari suatu bentuk-bentuk musik yang baru melalui suatu improvisasi dan kreatifitas yang terus berkembang. Bahkan dia disebut sebagai salah seorang improviser dari Chicago yang workaholic dari generasi sekarang.

Ajie & Puspito/WJ)

Ceto Mundiarso

Pencinta buku yang banyak menelisik filosofi. Pernah menghadiri Konferensi Ekonomi Kreatif di Inggris. Merupakan bagian penting pada riset di WartaJazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker