Profile

Gebhard Ulmann

Saxophonist Gebhard Ullmann yang lahir pada tahun 1957 ini telah merekam tidak kurang dari 20 album, termasuk didalamnya adalah album “Kreuzberg Park East” dan “Basement Research” dibawah label dari Italia Soul Note, “Vancouver Concert” dan “Clarinet Trio, Oct 1, ’98”, dibawah label dari Inggris Leo Records dan album dibawah label Songlines Recordings yang pernah mendapatkan nominasi “best jazz CD of the year” dari German Schallplattenkritik yaitu “Ta Lam”. Ullmann juga telah banyak meraih penghargaan seperti “Julius Hemphill Composition Award” pada tahun 1999, “Deutsche Phonoakademie Award” pada tahun 1983, satu dari penghargaan utama “SWF Awards” di tahun 1987, dan pada tahun 1990 mendapatkan beberapa penghargaan dari kota Berlin serta melakukan sejumlah tour ke Eropa, Africa, Australia, New Zealand, Amerika, Canada, Asia tenggara termasuk tampil di Jakarta Jazz festival pada tahun 1993.

Sejak tahun 1993 Ullmann bernaung dibawah label dari Italia yang banyak merekam musik-musik jazz kontemporer dan avant garde Soul Note dan sampai saat ini dia juga tetap bermain musik antara New York dan Berlin. Album-albumnya di Soul Note, Leo Records dan Songlines telah mendapat pengakuan dari pra kritisi musik baik di eropa maupun di Amerika dan komposisi-komposisinya telah banyak mengisi radio-radio jazz bahkan masuk ke tangga lagu-lagu jazz. Selain menggarap proyek-proyek solonya Ullmann juga bermain dengan beberapa band yang beranggotakan musisi-musisi jazz terkemuka antara lain New York Quartet besama Tony Malaby, Drew Gress dan Phil Haynes, the Berlin woodwind/accordion ten – piece project, the Trio bersama Frank Moebus dan Herb Robertson, The Clarinet Trio bersama Juergen Kupke dan Theo Nabicht kemudian bersama Michael ‘”Jefry” Stevens, Joe Fonda dan Matt Wilson membentuk the Cooperative band dan New Trio bersama Chris Dahlgren dan Jay Rosen. Selain itu juga dia merpakan anggota dari “Gunter Lenz Springtime” dan “Hannes Zerbe Blechband” dan tampil dalam sejumlah performance bersama aktor Otto Sander.

Banyak komentar tentang karya-karya maupun musik dari Gebhard Ulmann dari para pengamat musik yang menunjukkan betapa Ulmann dan musiknya patut diperhitungkan di khasanah musik jazz dan improvisasi. Richard Cook dari Penguin Jazz Guide yang merupakan buku jazz guide yang bergengsi berpendapat bahwa karya-karya Ullman dapat dikatakan merupakan sebuah esei yang sangat menarik yang berbicara mengenai tradisional dan avant garde serta bagaimana jalinan antara keduanya dan seorang pengamat musik dari Australia, Richard Ogler mengatakan bahwa kecerdasan Ulmann dalam membuat musik adalah aspek-aspek yang menarik, bahkan pianis legendaris Paul Bley memberi komentar bahwa Ullmann adalah salah satu seniman paling kreatif di dunia saat ini. Beberapa albumnya juga mendapat pujian tinngi, misalnya untuk albumnya “Basement Research” bersama Elklery Eskelin, Drew Gress dan Phil Haynes, dikatakan oleh Art Lange bahwa album ini merupakan produk perpaduan dari empat individu yang memiliki pilihan kreatif dan matang, sebuah musik yang unuk, bahkan dikatakan bahwa album ini merupakan salah satu perpaduan bahasa musik jazz terkini. Komentar yang agak ekstrim ditujukan pada album “The Clarinete Trio” oleh Steve Day dari Avant magazine, bahwa album ini merupakan musik yang benar-benar menyehatkan sistem pencernaan dan benar-benar album rekaman yang sangat mengesankan dan benar-benar dahsyat juga sangat menggugah pikiran. Album Ta’Lam merupakan salah satu album dari Ulmann yang fenomenal dan merupakan nominasi untuk best CD of the year dan paling banyak mendapat pujian antara lain oleh saxophonist Dave Liebman yang mengatakanbahwa proyek ini bagaikan sepotong musik yang sangat besar, komposisi dan pernciptaan performanya dalam standard yang sangat tinggi, sedangkan proyek terakhirnya yaitu “Kreuzberg Park East” bersama quartetnya dikomentari oleh Avant Magazine sebagai hal terbaiuk yang pernah didengarkan dan tanpa diragukan lagi merupakan salah satu CD terbaik untuk tahun 2000.

Dengan suatu talenta yang tinggi dan didukung dengan banyak pengalaman Gebhard Ulmann juga dipercaya untuk membantu dan bermain bersama musisi-musisi kenamaan antara lain pianis Keith Tippeth, Aki Takase, Ernst Ludwig Petrowsky, juga bermain dalam kalangan musisi-musisi free jazz dan free imrovisasi seperti Alexander von Schlippenbach, Hans Hessler, Michael Moore, Lauren Newton, Ellery Eskelin, Enrico Rava dan lain sebagainya. Memanbg tidak diragukan lagi jika kita mendengar permainan dan album dari Gebhard Ullmann, kita akan menemukan suatu nuansa yang khas yang berpadu dengan ketrampilan dan imajinasi dalam bermusik, sungguh tidak berlebihan bila Ullman dikatakan sebagai salah satu musisi jazz generasi sekarang yang patut diperhitungkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker