Profile

CECILIA WENNERSTRÖM

Cecilia Wennerström adalah seorang musisi jazz, saksofonis, komposer dan aranger sekaligus juga akademisi di Malmoe dan Gothenburg. Ia lahir tahun 1947 dan tinggal di Stockholm, Swedia.

Dari tahun 1979 hingga 1991 ia menjadi pemimpin Salamander, sebuah quintet(yang seringkali) mengadakan tour di Swedia dan Erupa baik pada panggung festival atau klub-klub dikawasan tersebut. Salamander memulai debutnya ditahun 1981 pada Women´s Jazz Festival di Kansas, USA, dan setelah konser itu usai, seorang kritikus jazz Leonard Feather menulis sebuah artikel tentang grup ini – “something which hadn´t happened to a Swedish group since Åke Hasselgård”. Di tahun yang sama Salamander juga tampil di North Sea Jazz Festival dengan kesuksesan yang membawa kelompok ini diundang kembali ditahun-tahun berikutnya. Kelompok Salamander ini merilis sejumlah album yaitu, Live at Northsea Jazz Festival dan In the darkest month serta Trio – ketiganya dirilis oleh Dragon Records. Serta sebuah album dibawah label AMF Records bertitel “Spirit of fire”.

Pada tahun 1986 Cecilia mendapatkan sebuah tawaran untuk memainkan baritone saxophone dan flute bersama Kurt Olsson Ladies Orchestra. Proyek ini sebenarnya hanya proyek main-main saja, namun kemudian ternyata mendapatkan sambutan luar biasa yang kemudian menghasilkan banyak program TV, rekaman dan pertunjukan sepanjang medio 87-91. Tidak itu saja, dari kontribusi yang diberikan pada TV Festival di Montreux tahun 1989 berhasil menggondol Chaplin Prize.

Ia sempat pula berkolaborasi dengan penyanyi berbakat Marie Selander tahun 1990, yang membuahkan beberapa proyek kreatif dan menarik seperti misalnya komposisi “Blåst-Tuuli-Wind” yang ditampilkan di Festival Kallio-Kuninkala, di Finlandia, tahun 1996. Bulan Juni 1999 dengan proyek yang sama, ia melakukan tour ke Wales. Bahkan kerjasama dengan Marie ini masih berlanjut di grup lain yaitu MARIE SELANDER/S NO W. Termasuk pula kehadiran drummer Lise-Lotte Norelius – artis asal Skandinavia. S NO W sempat melakukan tour ke Faroe Islands di tahun 1998 dan tampil pada Umeå Folk Music Festival tahun 1997 di Swedia. Bersama kelompok ini lahir sebuah album Voicings(Twin Music).

Selain daftar keikutsertaannya pada grup diatas ia juga sempat bergabung dengan sebuah big band yang semua anggotanya wanita yaitu April Light Orchestra sepanjang tahun 1994-1996 ketia band ini melakukan tour di Denmark, Swedia hingga China. Sayang kesibukannya menyebabkan ia mengundurkan diri namun demikian ia masih berpartisipasi setelahnya.

Ia juga berpartisipasi pada big band yang lain, Satin Dolls – yang dipimpin oleh Penyanyi Jazz Terbaik Swedia Peo Jönis – dimana Wennerström memainkan baritone sax selama beberapa tahun dan juga mengaransemen untuk band ini. Satin Dolls banyak tampil terutama untuk acara televisi di Swedish.

Tidak cukup dengan kolaborasi dengan berbagai kelompok, ia masih sempat pula mendirikan CECILIA WENNERSTRÖM QUARTET. Lewat kelompok ini ia merilis sebuah CD bertitel Minor Stomp yang dirilis dibawah label Four Leaf Clover. Anggota dari kelompok ini adalah Ann Blom(piano), Filip Augustson(bass), Henrik Wartel(drum). Bertitik tolak dari sini, ia kembali ke grup dengan format yang lebih sederhana lalu kemudian mengeksplorasi musik klasik, jazz bebop dan cool.

Baru-baru ini ia merilis album bersama Quartetnya yang juga mengundang Ellekari Larsson – pada album ini membawakan 4 lagu. Album yang bertitel Stuck Zipper ini direkam di Stockholm, Swedia pada media November 2000 ini berisikan 10 lagu yang diproduseri oleh Cecilia Wennerström sendiri.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker