Profile

Amina Figarova – Pianis asal Azerbaijan

Amina Figarova – pianis sekaligus komposer – lahir di Baku, sebuah kota di Azerbaijan. Memulai menyentuh piano diusia 2 tahun dan mulai membuat komposisi diusia 3 tahun. Ketika usianya menginjak 6 tahun, ia mendapatkan kesempatan belajar piano pada sekolah khusus untuk anak-anak yang memiliki bakat. Hampir sepanjang tahun-tahun awal tersebut ia menghabiskan untuk menciptakan karya-karya klasik yang sebagian besar untuk piano dan cello. Selepasnya dari sekolah tersebut tahun 1992, ia lalu meneruskan ke State Conservatory of Baku dan lulus tahun 1987 sebagai pianis untuk konser klasik. Di almamaternya ini ia mendapatkan kesempatan untuk mengajar, selain juga mengikuti berbagai konser dan kompetisi di Uni Soviet (USSR). Kegigihannya membuahkan hasil ketika ia memenangkan hadiah pertama pada sebuah kompetisi untuk para komposer tahun 1987. Di tahun 1989, ia tampil pada festival untuk komposer dari Uni Soviet dan Amerika, tepatnya di kota Kislovodsk. Setahun sesudahnya ia diundang untuk tampil pada sebuah resital klasik. Pada saat ini Radio Internasional Moskow memutar musik yang dimainkan oleh Amina dan membuatnya sebuah program.

Sebab itulah ia kemdian diberi peluang untuk belajar di departemen jazz, pada Rotterdams Conservatory. Disini ia bertemu dan belajar pada salah seorang pianis terbaik Belanda, Rob van Kreefeld, dan pada saat yang bersamaan juga mengambl les vokal dengan penyanyi Amerika, Coco York.

Karirnya barangkali lebih terpacu ketika ia pergi ke Amerika dan kemudian ngendon di Boston untuk belajar pada sekolah musik bergengsi dan terbaik – Berklee College of Music. Laslo Cardony, Ed Tomassi, Danillo Perez, Brad Hatfield adalah sedikit nama yang menjadi rekan-rekan seangkatannya.

Ketika kembali ke Belanda, ia merekam “Attraction” yang berisikan komposisi-komposisi karyanya sendiri.

Kesempatan yang lain adalah ketika di tahun 1998 ia diundang untuk belajar pada Thelonious Monk Jazz Colony di Aspen, Colorado. Kamp summer yang diperuntukkan bagi para musisi-musisi muda berbakat. Termasuk para masterclasses yang hadir diantaranya Kenny Barron, Nathan Davis, Danillo Perez, Monty Alexander, Terence Blanchard, Jeff Hamilton dan John Clayton.

Album kedua dirilis tahun 1998 bertitel “Another Me”, sebuah fusi antara funk, fusion dan R&B, yang dipengaruhi oleh jazz, reggae dan musik latin yang kesemuanya merupakan komposisi orisinil oleh Amina. Setahun selepasnya ia lalu merekam CD ketiganya bertajuk “Firewind” yang digarap bersama Septetnya yang terdiri dari Jarmo Hoogendijk, Kurt van Herck, Carolyn Breuer, Bart Platteau, Hein van de Geijn dan Hans Eijkenaar, yang lagi-lagi komposisinya ditulis sendiri oleh Amina.

Maret 2000 yang lalu ia diundang oleh Dmitri Matheny dan menjadi artis in residence, di Bay Area San Fransisco. Sementara pada bulan April ia tampil bersama Kim Prevost dan Bill Solley pada New Orleans Jazz and Heritage Festival. Bersama keduanya ditambah Ricky Sebastian, Roland Guerin dan Bart Platteau, Amina masuk dapur rekaman.

September 2000 ia merilis album yang direkam di Pinehill Studio, Leersum, Belanda dengan nama Amina Figarova Quintet featuring Dmitri Matheny.

Sebelumnya dibulan Juli ia tampil di Festival bergengsi di Belanda, North Sea Jazz Festival bersama Septetnya. Tercatat pula ia sempat musik untuk mengenang Lady Diana diawal tahun 2001.

Konsernya di Jakarta kali ini akan didampingi Bart Platteau(flute), Wiro Mahieu(bass), Pieter Bast(drum) dan seorang Flugerhornis asal AS yang namanya mulai menanjak, Dmitri Matheny. Ia akan tampil disejumlah tempat antara lain Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Seni Ancol dan Erasmus Huis serta Jamz Pub & Restaurant.

Update 07/07/2009

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker