Profile

NORBERT STEIN PATA MUSICS

Saxophonist, Komponist

Norbert Stein, pria Jerman kelahiran 1953 ini merupakan figure yang cukup penting dalam kancah dunia musik jazz dan avant garde di Jerman dengan groupnya yang di namakan PATA MASTERS. Didorong oleh ayahnya Norbert Stein mulai belajar alto axophone dan pada tahun 1973 sampai 1979 Norbert Stein studi musik di salah conservatory di Cologne yang juga menjadi tempat tinggalnya sampai sekarang, dan dia merupakan salah satu musisi jazz pertama lulusan Cologne University, beberapa tahun kemudian setelah menamatkan studi musiknya dia menjadi salah satu anggota group Kölner Saxophone Mafia dan telah melakukan tour internasional dibeberapa negara dan pada tahun 1986 Norbert Stein mendirikan dan mengembangkan label musik yang diberi nama PATA MUSIC dan masih eksis sampai sekarang dalam mengembangkan konsep musiknya.

Kata “Pata” sendiri di buat oleh Alfred Jarry untuk gambaran tentang “pata physics” suatu teori atau filosofi dari seorang Patahycsiker Doctor Faustroll. Salah satu konsep dari pata physics yang dianut oleh Norbert Stein adalah ” Segalanya dimungkinkan untuk di campurkan/digabungkan, di rubah, menjadi berubah dan bertukar : benda, waktu dan ruang. Tapi tidak berubah secara sewenang-wenang, hal tersebut hanya merukan suatu pencapaian sederhana dari suatu interelasi dan kesadaran pribadi “. Dengan mengikuti filosofi tersebut Norbert Stein membuat suatu terninologi menegnai musiknya yang berhubungan dengan “pata” yaitu “akan selalu menawarkan pada pendengernya suatu dasar identifikasi dari beberapa proyek yang berbeda dari musisi-komposer” atau dengan kata lain filosofi ini membantu dia untuk memformulasikan bahasa musiknya yang tidak mengacu pada satu definisi dan musisi-musisi yang terlibat dalam suatu performance bisa datang dari kelompok yang berbeda. Dan sepertinya hal ini dilakukan oleh Norbert Stein dengan Pata Masters dalam beberapa kesempatan dimana mereka melakukan suatu eksplorasi dalam setiap proyeknya baik itu berkolaborasi dengan suatu kelompok musik lain ataupun gaya musik lain bahkan dengan suatu konsep yang lain, justru hal ini yang menjadi ssesuatu yang istimewa dalam Pata Masters karena akan selalu ditemui sesuatu yang berubah dan baru dalam setiap proyeknya yang ditawarkan pada para apresiatornya. Melalui Pata music-nya Norbert Stein juga menjadikan suatu musik menjadi tidak terbatas untuk bereksplorasi.

“Al things have to flow”, itulah motto hidup dari Norbert Steins yang juga tercermin dalam musik-musiknya yang juga selalu mengalir inspirasi-inspirasi baru melaluinya, suatu sikap yang bijaksana dari seorang musisi adalah selalu membuka diri terhadap pengaruh-pengaruh baru yang bisa memperkaya musiknya, dan hal ini dilakukan oleh Norbert Stein dimana dia selalu berkomunikasi dengan sekitarnya dimana dia berada. Musik-musik PATA Masters tidak hanya memberikan suatu ruang yang seluas-luasnya bagi para musisinya untuk melakukan improvisasi dan eksplorasi dengan selalu memunculkan ide-ide yang baru tetapi juga memberikan tempat seluas-luasnya bagi para pendengarnya untuk menginterpretasikannya. Pata music bisa diandaikan seperti suatu organisme yang hidup dalam suatu gerakan dan perubahan-perubahan yang dasar. Album-album yang dibuat sebelumnya dalam Pata Music akan selalu berbeda dengan yang sesudahnya, wlalupun kadang perbedaan tersebut hanya pada penekanan rhythmnya ataupun pada konsep formasi pemain dan musiknya tapi kadang bisa juga berubah total.

Beberapa Proyek dari Pata Music dan Pata Masters sudah mengahsilkan sekitar 14 album atau CD , antara lain PATA ORCHESTER yang sudah menghasilkan empat title album dengan musisi-musisi yang bervariasi dan konsep yang selalu berbeda, misalnya album “Ritual Life” yang menekankan pada eksplorasi musik-musik tradisi Eropa dan “The Secret Act of Painting” yang menekankan pada eksplorasi sound dari para musisinya dan dengan musiknya yang lebih kontemporer dan avant-garde. PATA TRIO yang lebih mendekati ke free jazz dan avant-garde, PATA HORN yang telah menghasilkan dua title album dengan musiknya yang menekankan winds instrument yang bermain lebih swing tapi dengan solo-solo yang free improve dari para musisinya, PATA MASTERS dengan musiknya yang bervariasi meski lebih condong pada musik jazz dengan free improvisation dan memasukkan unsur-unsur musik lain, misalnya pada “Pata Maroc” yang berkolaborasi dengan para musisi dari Maroko dan menggabungkan musik dari Pata Masters dengan musik dari Maroko dan sampling-sampling dari suasana kota Maroko, PATA-BAHIA yang berkolaborasi dengan para musisi dari Salvador-Bahia dimana unsur-unsur musik “tropical” dan “latin” digabungkan dengan jazz dan improvisasi, PATA BLUE CHIP yang merupakan proyek musik elektronik dan multi media dari Norbert Stein bersama Reinhold Knieps, kemudian ada suatu proyek bersama ARFI (Association à la Recherche d’un Folklore Imaginaire) suatu organisasi musisi di Perancis yang bergerak dalam penelitian dan pengembangan musik-musik folklore yang diberi nama PATA MUSICS meets ARFI yang diklaim musiknya memadukan unsur-unsur humor dengan aransemen horn yang unik dan sound elektronik dengan eksplorasi ritme-ritme yang variatif.

Tidak berlebihan kiranya jika dikatakan bahwa Norbert Stein bersama Pata Music-nya merupakan suatu yang telah ikut memberikan sumbangan terhadap perkembangan musik khususnya jazz dan free improvisation atau avant-garde dengan memunculkan konsep-konsep baru dan filosofi dalam bermusik. Norbert Stein juga telah menegeluarkan buku yang berjudul PATA WORKBOOK yang berisi notasi-notasi dan graphic-graphic notasi dari komposisi-komposisi dalam Pata Musics dan juga keterangan-keterangan dari 231 tonal dan fee-tonal exercise dari permainan saxophone.

DISCOGRAPHY NORBERT STEIN PATA MUSICS

  • PATA MUSIC meets ARFI “Die Schoene und das Biest” / “La Belle et la Bête” (Pata 14)
  • PATA BLUE CHIP (Pata 13)
  • PATA MASTERS “Pata Maroc” (Pata 12)
  • PATA-BAHIA (Pata 11)
  • PATA MUSIC meets ARFI “News of Roi Ubu” (Pata 10)
  • PATA MASTERS “Graffiti” (Pata 9) PATA MASTERS “Blue Slit” (Pata 8)
  • PATA ORCHESTER “The Secret Act of Painting” (Pata 7)
  • PATA HORNS “Talking People” (Pata 6)
  • PATA ORCHESTER “Ritual Life” (Pata 5)
  • PATA HORNS “New Archaic Music” (Pata 4)
  • PATA ORCHESTER “Die wilden Pferde der armen Leute” (Pata 3)
  • PATA TRIO “Lucy und der Ball” (Pata 2)
  • PATA ORCHESTER “Die fuenf Tage” (Pata 1)

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker