Profile

Mike del Ferro

Pianis, komposer dan arranger kelahiran Armsterdam, Belanda pada 23 Agustus 1965 Mike del Ferro ini mempunyai bakat musik yang diturunkan dari ayahnya Leonard del Ferro seorang penyanyi opera yang pernah menyanyi dan rekaman bersama penyanyi opera terkenal Maria Callas di tahun 1958. Pada usia sembilan tahun dia sudah mulai belajar Piano Klasik dan menginjak dewasa dan berusia 17 tahun Mike mulai jatuh cinta dengan musik jazz dan melanjutkan belajar Jazz piano di Hilversum Conservatory di Belanda dan memperoleh gelar sarjana pada tahun 1990.

Pada tahun 1989 Mike mengikuti suatu kompetisi jazz piano di Rotterdam dan mendapat gelar juara pertama, dan pada tahun yang sama dia juga memenangkan the Prize for the best soloist pada Europa Jazz Contest di Brusells dan juga memenangkan first Prize pada Karlovy Vary Jazzcontest di Chzechoslovakia. Hal ini makin membuktikan suatu bakat dan kemahiran bermain piano yang luar biasa pada diri Mike del Ferro dan makin mengokohkan dirinya pada kancah musik jazz khususnya di Eropa. Pada tahun 1993 dia bertemu dengan pemain valve trombone yang juga seorang komposer dan aranger yaitu Bob Brookmeyer yang sangat terkesan dengan bakat Mike sebagai seorang musisi dan komposer. Bob Brookmeyer kemudian merekomendasikan Mike untuk mendapatkan beasiswa selama tiga tahun di salah asatu universitas di Cologne, Jerman untuk studi komposisi dan aransemen dengan Bob Brookmeyer.

Reputasi Mike yang makin cemerlang sebagai seorang solois, pengiring, komposer dan arranger telah membawa dia untuk rekaman dan tampil dalam pentas-pentas dan tour ke berbagai belahan dunia bersama para musisi-musisi terkenal seperti Toots Thielemans, Scott Hamilton, Thijs van Leer (Focus), Harold Land, Benny Bailey, Michael Moore dan masih banyak lagi. Pada tahun 1995 sampai tahun 1988 dia mengajar jazz piano pada Royal Concervatory di Gent, Belgia. Sejak tahun 1993 Mike telah memproduksi beberapa album diantaranya adalah album Make Someone Happy yang berisi lagu-lagu balad dan dengan bintang tamu maestro harmonika Toots Thielemans dan seorang penyanyi Brasil Sonia Genu, dan album terbarunya adalah Plays Belcanto (Opera Aria’s arranged for jazztrio) yang dimainkan bersama trionya yaitu Stefan Lievestro pada bass dan Hans Eijkenaar pada drums dengan dibantu Gustav Klimt Stringquartet , album ini berisi 13 aransemen dari lagu-lagu Opera Aria dan Neopolitan Italia dan album ini didedikasikan untuk mengenang Leonard del Ferro ayahnya yang meninggal pada tahun 1992. Untuk saat sekarang ini mungkin kita bisa menyebut bahwa Mike del Ferro sebagai salah seorang musisi jazz yang sudah mempunyai reputasi dunia.

DISKOGRAFI MIKE DEL FERRO

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker