Profile

SARAH JANE CION


Ada nama baru yang mulai diperhitungkan dalam blantika musik jazz, setidaknya itu yang terlihat dari banyaknya tulisan mengenai pianis Sarah Jane Cion diberbagai media jazz ternama seperti Downbeat, JazzTimes atau JAZZIZ.

Pianis kelahiran Boston, MA 05/06/67 ini mulai tertarik belajar jazz diusia 14 tahun atas desakan sang ayah Cion. “Guru saya memberikan persyaratan untuk membeli album Kind of Blue, dan tatkala saya mendengar Bill Evans dan Wynton Kelly – that was it – Saya tahu saya harus bisa bermain seperti itu”, demikian kenangnya.

Tahun 1988 ia menerima Boston Jazz Society Award dan trionya tampil dalam 2 acara festival yang sangat sukses yaitu Boston Globe Jazz Festival. Keberuntungan berpihak padanya tatkala di tahun 1998 dan 1991 ia terpilih dari empat pianis yang belajar di Banff School for the Arts. Ia melanjutkan pendidikannya ke New England Conservatory ditahun 1990 dengan mengambil spesifikasi dalam bidang composition and performance.

Setelah memenangkan 17th annual Great American Jazz Piano Competition tahun 1999 ia tampil di German, Israel, Portugis dan Jepang. Pengaruh Bill Evans yang terasa kuat dalam permainannya serta latar belakang musik klasik yang kental ini menghantarkannya untuk merilis debut album “Indeed” bersama alto saxophonist Antonio Hart dan drummer Tony Reedus ditahun yang sama. Disusul album “Moon Song” yang mendapat empat bintang dari majalah jazz terkemuka Downbeat. Ia mengajak saksofonis Chris Potter untuk bermain dalam dua nomor.

Pianis yang belajar dengan Kenny Werner, Joanne Brackeen, Mike Longo, Richie Beirach, Donald Brown, Charlie Banacos dan Fred Hersch ini terakhir mengundang Michael Brecker, Bill Hart dan suaminya Phil Palombi untuk menggarap album “Summer Night” yang diproduseri Mike Nock pianis ternama asal Australia yang lama bermukim di New York dan Eropa.

Ia telah bermain dengan banyak musisi baik muda maupun tua seperti Clark Terry, Al Gray, Don Braden, Santi Debriano, Etta Jones, Della Griffin, Alan Harris, Philip Harper, Alvester Garnett, Lonnie Plaxico, Dennis Irwin, Ron McClure, David Leibman, Dr. Lynn Christie dan banyak lainnya.

Dibulan Juli 1996 Sarah bekerjasama dengan Monty Alexander dalam jazz workshop yang diadakan di Verbier Switzerland, dimana Sarah menjadi membantu dan turut tampil selama kursus berlangsung.

Ketika ditanya siapa nama musisi favoritnya, sontak Sarah Jane Cion menyebut Oscar Peterson, Red Garland, Wynton Kelly, Tommy Flannagan, Bill Evans, McCoy Tyner, Ahmad Jamal, Herbie Hancock, Chick Corea serta nama-nama yang lain. Sarah Jane Cion yang juga suka membaca ini memilih buku-buku karya Sylvia Browne, John Edward, Rosemary Altea dan James Van Praag serta Frequency untuk film yang digemarinya. Penggemar album Herbie HancockSpeak Like a Child saat ini sedang mempersiapkan tournya ke Eropa dan tentu saja berbagai festival dan gigs di klub-klub terkemuka. (WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker