Profile

TERJE GEWELT – TOKOH DIBALIK RESONANT MUSIC


Terje GeweltTerje Gewelt adalah satu musisi yang cukup disegani di Eropa terutama di Norwegia. Alumnus Berklee College of Music dan murid Jaco Pastorius dan Dave Holland – keduanya memainkan instrumen bass – telah merekam lebih dari lima puluh CD bersama artis Skandinavia, Eropa maupun Amerika, termasuk diantaranya Billy Cobham, Tommy Smith, Misha Alperin, Michael Schrieve, Peter Wettre, Ahmad Mansour, Staffan William Olsson, untuk berbagai label seperti RCA, CBS, Blue Note dan ECM.

Dalam perjalanan karirnya ia telah tampil diberbagai kesempatan dengan artis dari berbagai belahan dunia. Tournya kerap kali bersama Billy Cobham, Tommy Smith dan Misha Alperin. Lain waktu pernah pula bersama Phil Woods, Guy Barker, Kenny Wheeler, John Abercombie, Gary Burton, Julian Arguelles atau Nils Petter Molvær dan masih banyak lagi.

Pencabik bass yang juga pernah belajar di Bass Institute of Technology (BIT), Los Angeles, Calif. antara 1981-1982 ini, banyak mendapat pengaruh dari Scott LaFlaro, Charlie Haden dan Jaco Pastorius. Ia tercatat pernah pula bergabung dengan kelompok Full Circle 1984-1989 dan bersama kelompok jazz elektrik Amerika ini sempat merekam 2 album untuk CBS. Lalu kemudian mendirikan Forward Motion (1984-1986) dimana saxophonist Tommy Smith juga menjadi salah satu anggotanya.

Sewaktu di Amerika, Terje sempat pula kerja bareng dengan drummer Santana, Michael Schrieve yang menelorkan sebuah album Stiletto lewat RCA Novus, dimana para pendukungnya yaitu Mark Isham, Andy Summers dan David Torn. Terje Gewelt lalu pindah ke Norwegia tahun 1989 setelah kurang lebih tujuh tahun menetap di Amerika. Sejak saat itu, ia kerap kali tampil diberbagai acara dan termasuk pemain bass yang dibutuhkan. Sejak tahun 1985 ia ikut tour bersama drummer Billy Cobham dan membuahkan hasil 2 album lewat Nordic Project.

Ia juga bekerjasama dengan pianis Rusia, Misha Alperin untuk album yang direkam perusahaan rekaman ECM yaitu North Story dan First Impression. Ikut serta mendukung album ini Arkady Shilkloper(French horn, flugelhorn), Jon Christensen(drums), Tore Brunborg(tenor saxophone), selain Terje Gewelt yang memainkan instrumen double-bass.

Terje Gewelt - DualityBeberapa tahun lalu ia mendirikan sebuah studio rekaman sendiri yang ia beri nama “The Cookie Factory”. Yang kemudian membuatnya mendirikan perusahaan rekaman Resonant Music tahun 1998, sebuah label yang memfokuskan pada musik-musik kontemporer dan avant garde. Lewat perusahaan rekaman ini sejumlah artis telah menelorkan karya-karya terbaiknya. Diantaranya Ahmad Mansour, Rob Waring Trio, Roy Powell Trio, Knut Riisnæs, The Trio dan proyek Arnesen/Gewelt/Christiansen.

Pada 2 Januari 2002 yang lalu, ia merilis album terbarunya bertitel “DUALITY”. Sebuah duet dengan Christian Jacob, seorang pianis yang baru-baru ini bekerjasama dengan Flora Purim. CD yang memuat 10 track ini berisikan 6 komposisi original dan 4 komposisi standar/tradisional. Terje Gewelt juga memainkan elektrik Fender jazz bass.

Informasi lebih lanjut mengenai Terje Gewelt dapat ditemukan di website perusahaan rekamannya Resonant Music berikut ini.

Link terkait :
Resonant Music

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?