Profile

Drummer Victor Lewis

Victor Lewis kelahiran 20 Mei 1950 ini merupakan Drummer Jazz asal  Omaha, Nebraska, Amerika Serikat yang sejak tahun 1980-an telah diakui kemampuannya.

Awalnya Lewis belajar cello ketika berusia sepuluh tahun – saat itu karena ia masih terlalu kecil untuk mempelajari akustik bass – juga piano dan kemudian beralih ke instrumen drum.

Pertunjukan profesionalnya ketika ia berusia 15 tahun, yang ketika itu hanya beberapa drumer senior di Omaha yang dapat membaca (sheet) musik, perkusionis muda ini dipanggil untuk berbagai pekerjaan komersial, termasuk jingle, Bob Hope Show, bahkan sirkus.

Pada awalnya gaya Victor adalah merefleksikan ketertarikannya kepada drumer-drummer besar yang dilihatnya bersama ayahnya dan didengarnya dalam rekaman, namun usia mendengar rekaman Quintet Miles Davis dengan Tony Williams, semuanya berubah. Dia mulai mengeksplorasi suara Williams dan drummer besar lainnya seperti Art Blakey, Kenny Clarke, Max Roach dan Philly Joe Jones. Segera setelah itu ia memulai kelompok kecilnya sendiri untuk bermain keliling kota. Pekerjaan pertamanya dengan musisi jazz yang dikenal secara nasional tatkala menemani Hank Crawford di Omaha.

Pada penampilan pertama Victor di Manhattan, suatu malam di Boomer dia bertemu pemain trumpet Woody Shaw. Lewis bergabung dengannya dan beberapa bulan kemudian, dia membuat debut rekamannya Shaw, The Moontrane.

Drummer ini juga mulai membuat debut di era fusion yang sedang berkembang dengan bermain di album milik Joe Farrell, Earl Klugh, Hubert Laws, Carla Bley dan David Sanborn.

Pada tahun 1980, Victor meninggalkan kelompok Shaw untuk bergabung dengan raksasa tenor saxophone lain, Stan Getz, dimana ia bertahan hingga kematian saxophonis kenamaan itu di tahun 1991. Lewis membuat banyak rekaman dengan Getz termasuk video dari pertunjukan di Paul Masson Vineyards dan Robert Mondavi Vineyards. Getz-lah yang pertama kali merekam komposisi “I Wanted To Say” miliknya

Pada akhir tahun delapan puluhan, Lewis adalah salah satu freelancer paling sibuk di jazz. Dia melakukan tur dan rekaman dengan beragam pemimpin musik yang paling dihormati. Daftar panjang artis termasuk Kenny Barron, Art Farmer, J.J. Johnson, Mike Stern, John Stubblefield, Grover Washington Jr., The Manhattan Jazz Quintet, Bobby Hutcherson dan Bobby Watson membuktikan bakat dan keserbagunaannya.

Discografi pilihan

  • Know It Today, Know It Tomorrow (RED Distribution 1992)
  • Three Way Conversations (RED Distribution 1998)
  • Jazz Therapy, Vol. 3: Mojave (Motéma Music 2011)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker