Profile

Fats Waller peletak pondasi piano jazz modern

Pianis jazz Amerika, organis, komposer, penyanyi, dan komedian Thomas Wright “Fats” Waller peletak pondasi bagi piano jazz modern berkat inovasinya dalam gaya stride Harlem.

Komposisinya yang paling terkenal, “Ain’t Misbehinin” dan “Honeysuckle Rose”, dimasukkan ke Grammy Hall of Fame pada tahun 1984 dan 1999.

Pria kelahiran 21 Mei 1904 di Kota New York, Amerika Serikat ini menjadi salah satu pemain paling terkenal di jamannya, menemukan kesuksesan artistik dan komersial di Amerika Serikat dan Eropa.

Rekan pianis dan komposer, Oscar Levant, menjuluki Waller “The black Horowitz”. Waller diyakini telah mengkomposisi banyak lagu pada tahun 1920 dan 1930-an dan menjualnya untuk sedikit uang kepada  komposer dan penulis lirik lain.

Waller bermain dengan banyak musisi sebut saja dari Nathaniel Shilkret (pada Victor 21298-A) dan Gene Austin hingga Erskine Tate, Fletcher Henderson, Cotton Pickers dari McKinney dan Adelaide Hall, tetapi keberhasilan terbesarnya datang dengan combo beranggotakan lima atau enam orang miliknya sendiri, “Fats Waller and his Rhythm”.

Pada tahun 1938, Waller adalah salah satu orang Afro-Amerika pertama yang membeli rumah di bagian Taman Addisleigh di St. Albans, Queens, sebuah komunitas New York City dengan perjanjiannya yang bersifat rasial. Setelah pembeliannya, dan litigasi di pengadilan Negara Bagian New York, banyak orang Afro-Amerika yang makmur mengikuti, termasuk banyak artis jazz, seperti Count Basie, Lena Horne, Ella Fitzgerald, dan Milt Hinton.

Waller mengidap radang paru-paru dan meninggal pada 15 Desember 1943, saat bepergian di atas kereta lintas negara yang terkenal, Super Chief dekat Kansas City, Missouri.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker