Profile

Charnett Moffett – Inovator dan Virtuoso bass piccolo

Charnett Moffett
Charnett Moffett

Charnett Moffett adalah seorang musisi jazz Amerika dan komposer yang dikenal sebagai inovator dan virtuoso yang memainkan bass piccolo, double bass, dan gitar bass. Dia saat ini memimpin bandnya Nettwork.

Pria kelahiran 10 Juni 1967 di New York City, Amerika Serikat ini mulai bermain bass di band keluarga, melakukan tur Timur Jauh pada tahun 1975 saat berusia delapan tahun.

Pada pertengahan 1980-an ia bermain bersama Wynton Marsalis dan Branford Marsalis. Pada tahun 1987 ia merekam album debutnya Netman untuk Blue Note Records.

Dia telah tampil dan rekaman bersama Alex Bugnon, Art Blakey, Arturo Sandoval, Babatunde Lea, Pine Courtney, David Sanborn, David Sánchez, Dianne Reeves, Gillespie Dizzy, Ellis Marsalis, Frank Lowe, Harry Connick, Jr., Herbie Hancock, Jana Herzen, Joe Henderson, Kenny Garrett, Kenny Kirkland, Kevin Eubanks, Lew Soloff, Manhattan Jazz Quintet, McCoy Tyner, Melody Gardot, Mulgrew Miller, Ornette Coleman, Pharoah Sanders, Sonny Sharrock, Stanley Jordan, dan Wallace Roney.

Pada tahun 2008 Moffett menandatangani kontrak dengan Motéma Music yang merilis The Art of Improvisation pada Mei 2009 dan Treasure pada bulan Juni 2010. The Art of Improvisation adalah debut Motéma (dan rekaman kedelapannya sebagai pemimpin), overdubbing gitar bass listrik, bass piccolo dan bass akustik tegak . Bergabung dengan drumer Will Calhoun dan Eric McPherson dan vokalis Tibet Yungchen Lhamo, rilisan ini merujuk pada pengaruh Asia dan Timur Tengah.

Treasure dirilis tahun 2010 dengan beberapa pengaruh Asia dan Timur Tengah dari The Art of Improvisation, memiliki penekanan pada swing dan pulse yang telah disematkan pada Moffett. Album kedua rilisan Motéma ini Moffet menggunakan tiga bass untuk mengekspresikan metode musikalitasnya yang berbeda: bass akustiknya yang tegak, bass listriknya yang fretless dan bass listrik piccolo-nya. The Making of Treasure, sebuah film dokumenter yang disutradarai dan dinarasikan oleh Moffett, dimasukkan sebagai konten yang disempurnakan dalam CD. Album ini dirilis pula oleh King Records di Jepang dan oleh Membran International di Uni Eropa.

Moffett bekerja dengan Jana Herzen pada rilis sophomorenya Passion of A Lonely Heart (Oktober 2012), memainkan bass dan bass tegak listrik.

Pada 2013 ia merilis The Bridge: Solo Bass Works

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker