Profile

Saxophonis Wayne Shorter

Wayne Shorter
Wayne Shorter

Wayne Shorter adalah seorang pemain soprano saksofon jazz asal Amerika. Ia termasuk tokoh penting dalam sejarah jazz Amerika, mulai dikenal setelah bergabung dengan Art Blakey, kemudian second great quintet di bawah pimpinan Miles Davis, dan grup musik Jazz fusion legendaris Weather Report bersama Joe Zawinul dan Jaco Pastorius. Banyak lagu-lagu dari karyanya masuk ke dalam standar jazz Amerika, dan Ia juga termasuk pemain yang banyak meraih penghargaan, termasuk Grammy Award.

Wayne Shorter lahir di keluarga yang mencintai musik, ayahnya banyak memberi dorongan untuknya dalam hal bermusik, termasuk kakaknya yang seorang peniup trompet. Ia mulai serius menggeluti musik ketika di Newark Arts High School (sekolah musik setingkat SMA) dan kemudian dilanjutkan berkuliah di New York University.

Setelah lulus kuliah, pada tahun 1956, ia mendaftar dan masuk menjadi anggota Angkatan Bersenjata Amerika Serikat selama kurang lebih 2 tahun. Selama ia menjadi anggota US Army, kadang ia menyempatkan untuk bermain musik pada Horace Silver.

Setelah ia meninggalkan US Army, ia mulai berkenalan denganMeynard Fergusson dan bergabung dengannya. Di usianya yang tergolong muda Wayne mendapat julukan dengan nama Mr.Gone, kelak julukan ini digunakannya menjadi judul salah satu dari albumnya bersama Weather Report.

Pada tahun 1959, ia mulai bergabung dengan Art Blakey sekitar 5 tahun dan menjadi pengarah musik untuk lagu-lagu pada grup tersebut. Pada tahun 1962, menurut jejak pendapat majalah jazz, Downbeat, Wayne menjadi pemain terbaik urutan nomor 1 dan seandainya Duke Ellington masih ada, ia akan diberi urutan nomor 2.

Pada awal era 60-an, Wayne mulai menggarap rekaman pada piringan hitam, ia sempat merilis 9 album jazz standar di bawah label Bluenote.

Pada tahun 1964, Miles Davis, mengajaknya bergabung pada grup musiknya, di mana disitu telah bergabung Tony Williams dan Herbie Hancock. Kemudian lahirlah album Miles in Berlin. Ia bertahan bersama Miles Davis selama kurang lebih 6 tahun dengan menghasilkan banyak album, selama itu, ia dalam dekade yang kacau, di mana jazz sedang mengubah wajah musiknya.

Pada tahun 1970, ia bergabung bersama Joe Zawinul dan Miroslav Vitous dengan membentuk grup musik Jazz fusion Weather Report.

Melalui album-album solonya dan bermain dengan Weather Report, membantu Wayne Shorter untuk mendefinisikan kembali benih-benih baru dalam musik yang diambilnya dari berbagai bentuk dan ragam aliran, dari jazz dan rock klasik hingga musik elektronik. Ia memenangkan jejak pendapat di banyak lagu dengan permainan saksofon sopranonya setelah tahun 1969, untuk 15 sampai 17 tahun berturut-turut dan ia terus memiliki banyak penggemar yang setia mendengarkan musiknya. Wayne Shorter telah mencapai puncak kariernya saat bergabung dengan Weather Report, tetapi sejalan dengan waktu, ia tetap sering tampil dengan berbagai ide-ide baru.

Pada tahun 1974, Shorter merilis album yang berjudul Native Dancer di bawah label Columbia, di mana album tersebut masuk dalam top 200 tangga lagu-lagu jazz. Dalam album ini, tampil juga jajaran musisi kelas satu seperti Herbie Hancock, vokalis asal Brasil Milton Nascimento dan Airto Moreira. Kepiawaian Shorter bahkan menarik minat dari musisi di luar dunia jazz seperti Joni Mitchell dan Steely Dan. Phantom Navigator, album solonya yang ke 3 dinominasikan meraih Grammy Award, sama saat album solo pertamanya dirilis yang berjudul Atlantis.

Dengan dirilisnya album Atlantis pada tahun 1985, Wayne Shorter menegaskan kembali dirinya sebagai salah satu komponis terkemuka di dunia dan pemain musik progresif jazz. Harian New York Times, menyebutnya sebagai salah satu komponis yang paling signifikan dan solois saksofon dalam era jazz sejak ia bergabung bersama Art Blakey pada tahun 1959. Wayne telah memenangkan banyak Grammy Award, seperti saat ia bersama Weather Report, kemudian untuk permainannya yang digunakan pada film Round Midnight, dan untuk album solonya yang berjudul High Life. Ia telah menerima kepercayaan atas penampilannya dalam bermain saksofon dalam bentuk fitur gerakan gambar Glengarry Glen Ross dan The Fugitive. Pada tahun 1997, Wayne Shorter juga bergabung dengan artis jazz legendaris Herbie Hancock, merilis album 1 + 1, dan mendapat pujian besar dari para kritikus jazz Amerika.

Selama bertahun-tahun, Wayne Shorter telah berhasil melakukan pembauran yang populer dan progresif, membuktikan dia adalah salah satu pemikir yang paling luar biasa dalam sejarah jazz. Kualitas penyejajaran yang membuat reputasinya dianggap sebagai pemimpin band yang berani dan modernis yang sempurna. Wayne Shorter telah menerima banyak penghargaan melalui kemampuannya yang luar biasa, dan untuk improvisasinya selama lebih dari empat dekade, dan tidak ada keraguan bahwa ia akan terus mengembangkan dan menyusun pemikiran jazz masa depan.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker