Profile

Henry James “Red” Allen – Trummpeter dan vokalis jazz Amerika

Henry James “Red” Allen lahir 7 Januari 1908 adalah seorang terompet dan vokalis jazz Amerika yang gayanya diklaim sebagai orang pertama yang sepenuhnya menggabungkan inovasi Louis Armstrong.

Gaya terompet Red Allen telah dideskripsikan, oleh beberapa kritikus, sebagai yang pertama menggabungkan sepenuhnya inovasi Louis Armstrong dan untuk mengembangkan penekanan pada phrasing. Rekaman Allen mendapat banyak perhatian. Fleksibilitasnya ditunjukkan oleh kemenangannya atas penghargaan Down Beat di kategori jazz tradisional dan jazz modern.

Allen lahir di lingkungan Aljir di New Orleans, Louisiana, putra pemimpin band Henry Allen. Dia mengambil pelajaran trompet awal dari Peter Bocage dan Manuel Manetta.

Karier Allen dimulai di Southern Syncopators milik Sidney Desvigne. Dia bermain secara profesional pada tahun 1924 dengan Excelsior Brass Band dan band-band jazz dansa  Sam Morgan, George Lewis dan John Casimir.

Setelah bermain di perahu di Sungai Mississippi, ia pergi ke Chicago pada tahun 1927 untuk bergabung dengan band King Oliver. Sekitar waktu ini ia membuat rekaman di band Clarence Williams. Setelah kembali sebentar ke New Orleans, di mana ia bekerja dengan band-band Fate Marable dan Fats Pichon, ia ditawari kontrak rekaman dengan Victor Records dan pergi ke New York City, di mana ia bergabung dengan band Luis Russell, yang kemudian digawangi oleh Louis Armstrong pada akhir 1930-an.

Pada tahun 1929 Allen bergabung dengan Orkestra Luis Russell, di mana ia menjadi solois hingga 1932. Ia mengambil bagian dalam sesi rekaman tahun itu yang diselenggarakan oleh Eddie Condon, beberapa di antaranya menampilkan Fats Waller dan Tommy Dorsey. Dia juga membuat serangkaian rekaman pada akhir 1931 dengan Don Redman. Pada tahun 1933 ia bergabung dengan Orkestra Fletcher Henderson, di mana ia tinggal sampai tahun 1934. Ia bermain dengan Band Mill Blue Rhythm Lucky Millinder dari 1934 hingga 1937, ketika ia kembali ke Russell selama tiga tahun lagi, saat orkestra Russell digawangi oleh Louis Armstrong. Allen jarang menerima ruang solo pada rekaman dengan Armstrong tetapi secara menonjol ditampilkan dalam pertunjukan live band, bahkan mendapatkan posisi sebagai daya tarik utama.

Sebagai pemimpin band, Allen merekam untuk Victor dari tahun 1929 hingga 1930. Dia membuat serangkaian rekaman sebagai pemimpin bersama dengan Coleman Hawkins pada tahun 1933 untuk ARC (Spanduk, Meloton, Oriole, Sempurna, Romeo, dll.) Dan dilanjutkan sebagai rekaman ARC artis hingga 1935, ketika ia dipindahkan ke label Vocalion ARC untuk serangkaian rekaman ayunan populer dari 1935 hingga akhir 1937. Sejumlah di antaranya populer saat itu. Dia melakukan sesi soliter untuk Decca pada tahun 1940 dan dua sesi untuk OKeh pada tahun 1941. Setelah Perang Dunia II, dia merekam untuk Brunswick pada tahun 1944, Victor pada tahun 1946, dan Apollo pada tahun 1947.

Allen terus membuat banyak rekaman dengan namanya sendiri dan juga dengan Fats Waller dan Jelly Roll Morton dan menemani vokalis seperti Victoria Spivey dan Billie Holiday. Setelah bertugas singkat dengan Benny Goodman, Allen mulai memimpin bandnya sendiri di Famous Door di Manhattan. Dia kemudian melakukan tur dengan band di seluruh Amerika Serikat hingga akhir 1950-an.

Pada bulan Desember 1957, Allen membuat penampilan yang mengesankan bersama dengan Pee Wee Russell di program televisi “Sound Of Jazz”. Pada tahun 1959 ia melakukan tur pertamanya ke Eropa ketika ia bergabung dengan band Kid Ory. Dia memimpin band tetap di Metropole Cafe New York yang terkenal dari tahun 1954 sampai klub mengtikan jazz karena kebijakan pada tahun 1965

Allen kembali bekerja dengan namanya sendiri dan melakukan banyak tur ke Amerika Serikat dan Eropa. Dia didiagnosis menderita kanker pankreas pada akhir 1966. Setelah menjalani operasi, dia melakukan tur terakhir ke Inggris, yang berakhir enam minggu sebelum kematiannya, pada 17 April 1967, di New York City. Dia meninggalkan seorang janda, Pearly May, dan seorang putra, Henry Allen III.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker