Profile

Randy Crawford dan keunikan vokalnya

Randy Crawford tampaknya muncul di panggung menyanyikan “Street Life” ketika The Crusaders mengundangnya untuk menyanyikan lagu judul sepanjang sebelas menit pada album mereka tahun 1979 “Street Life,” yang tetap berada di posisi #1 di tangga lagu jazz Amerika selama dua puluh minggu.

Pada tahun 2006, ia bergabung kembali dengan mantan keyboardis Crusader Joe Sample untuk “Feelin’ Good,” yang sekali lagi menjadi album yang sangat populer.

Veronika Crawford lahir di Macon, Georgia, pada 18 Februari 1952, dan tumbuh besar di Cincinnati, Ohio. Sebagai seorang anak, ia menyanyi di paduan suara sekolah dan gereja. Pada usia 15 tahun, ia mulai menyanyi di klub-klub, ditemani oleh ayahnya. Ia menjadi vokalis utama dalam sebuah grup yang melibatkan bassis Bootsy Collins.

Seni menafsirkan lagu, seperti yang dilakukan penyanyi pop besar di masa lalu, tampaknya semakin keluar dari mode. Inilah kekuatan Randy Crawford. Ia bersedia menafsirkan setiap gaya lagu – jazz, soul, rhythm & blues, melodi pop, balada halus, atau funk – selama ia merasa terhubung dengan musik dan lirik pada waktu tertentu.

Pada tahun 1972, ia memiliki konser besar pertamanya di Club Nico’s di New York, di mana ia tampil bersama George Benson. Dalam konser penghormatan untuk Cannonball Adderley pada tahun 1975, ia berada di panggung bersama Quincy Jones dan George Benson. Dua lagu yang direkam pada kesempatan itu menjadi bagian dari album debutnya pada tahun 1976 “Everything Must Change.”

Setelah berkolaborasi pada “Street Life,” ia bergabung dengan The Crusaders untuk tur yang membuatnya mendapatkan pengakuan internasional, dan ia tetap menjadi daya tarik yang lebih besar di luar Amerika. Album-album berikutnya ditujukan untuk penonton jazz yang lebih halus dan sangat sukses di luar negeri.

Albumnya “Secret Combination” bertahan di tangga album selama lebih dari 60 minggu pada tahun 1981 dan Randy kembali ke tangga lagu pada tahun 1986, dengan singel “Almaz” yang masuk 10 besar. Sejak itu, Randy Crawford telah merilis lebih dari 15 album dan memiliki beberapa hits multi-platinum internasional. Dan meskipun dia masih relatif kurang dikenal di tanah kelahirannya, ia telah menjadi salah satu penyanyi pop paling sukses di dunia.

Potongan-potongan yang dipilihnya diubah oleh suara murni dan hangatnya serta vibrato emosionalnya, bersama dengan pengaturan jazz dan funk yang ringan dan segar.

Setelah mengalami kesulitan dengan perusahaan rekaman Amerika yang tidak tahu harus berbuat apa dengan seorang artis yang tidak terbatas pada domain jazz atau R&B, Crawford memulai kembali di Eropa. Di sana, penyanyi ini langsung sukses dengan album tahun 1995 “Naked and True,” yang dirilis oleh WEA Germany, album ini melihat Crawford kembali ke suara soul jazznya pada tahun 1970-an. Album ini bertahan di tangga album teratas selama 20 minggu berturut-turut. Terselimuti popularitas yang baru ditemukan, Crawford kembali ke jalan dan melakukan tur secara luas di seluruh dunia.

Lebih lanjut:

  • https://www.facebook.com/randycrawfordofficial/
  • https://soundcloud.com/randy-crawford-official

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker