Profile

Gitaris Brasil Chico Pinheiro

Gitaris yang luar biasa dan komposer unik yang orisinal dan penuh kedewasaan, Chico Pinheiro, lahir dan dibesarkan di Sào Paulo, Brasil.

Bermain gitar saat belia (6 tahun). Pada usia 14 tahun ia mulai bekerja sebagai gitaris pada sesi di studio dan segera mulai dipanggil untuk bermain di kampung halamannya Brasil lantas ke luar negeri.

Pada tahun 2002, Chico Pinheiro membentuk band nya sendiri dan mulai merekam sebagai leader. Album pertamanya, “Meia Noite Meio Dia” dirilis oleh Sony Music pada tahun 2003, dan mendapat ulasan yang bagus di semua surat kabar dan majalah musik paling penting di Brasil dan luar negeri. Album ini juga berhasil menembus Top 10 Album di Brasil, di surat kabar utama Brasil seperti: O Estado de Sào Paulo, A Folha de Sào Paulo, dan O Globo. Debut album yang diterima dengan baik ini menampilkan vokalis tamu khusus yaitu Lenine, Ed Motta, Chico Cèsar dan Maria Rita.

Rilisan keduanya, “Chico Pinheiro” (2005) juga mendapatkan pujian kritis dan sekali lagi masuk dalam jajaran Top 10 Album di Brasil oleh surat kabar O Estado, O Globo, dan Folha de Sào Paulo. “Nova” sebagai album ketiga dikeluarkan pada 2007.

Dan berikutnya Pinheiro merilis, “There a Storm Inside” di tahun 2010 serta diedarkan di 35 negara. Album ini mengahadirkan musisi tamu seperti Dianne Reeves dan Bob Mintzer, yang diulas oleh majalah Down Beat dan Rolling Stone diantara Album Terbaik Tahun tersebut. Rekaman ini juga memenangkan penghargaan sebagai Album Jazz Brasil Terbaik Tahun Ini dan Komposisi Jazz Latin Terbaik 2010 di Latin Jazz Corner Association, AS. Chico Pinheiro juga meraih gelar Gitaris Jazz Terbaik di asosiasi yang sama.

Pada 2012, dia merilis, “Triz” bekerja sama dengan pianis dan komposer Andrè Mehmari serta penyanyi dan komposer Sergio Santos. Sementara itu, dia terpilih sebanyak tiga kali sebagai Rising Star pada kategori gitar dalam polling majalah Down Beat bersama dengan Julian Lage, Peter Bernstein, dan Adam Rogers.

Pada tahun 2017, Pinheiro merilis, “Varanda” sebuah proyek kolaborasi khusus yang sekali lagi dimasukkan sebagai yang terbaik di semua surat kabar dan majalah besar di Brasil dan luar negeri, komposisi, “Varanda” dibawakan oleh Vince Mendosa dan WDR Big Band dengan Milton Nascimento, Edu Lobo, Gilberto Gil, Antonio Carlos Jobim, dan Villa Lobos.

Saat ini, Chico Pinheiro dianggap sebagai tokoh terkemuka di dalam dan luar kancah musik jazz Brasil.

Pada Grammy Award 2021, dia masuk nominasi pada kategori Best Latin Jazz Album untuk albumnya, “City of Dream”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker