Profile

PENYAIR SOUL DAN PENYANYI JAZZ GILL SCOTT-HERON

Gill Scott-Heron diberi lebel “penyair” soul dan penyanyi jazz, juga R&B. Musisi dan penulis ini dikenal lewat karyanya sebagai penampil “kata yang diucapkan” di tahun 1970 dan 1980-an.

Upaya kolaboratifnya dengan musisi Brian Jackson yang menampilkan perpaduan musik jazz, blues, dan soul, serta konten lirik tentang isu-isu sosial dan politik saat itu, disampaikan dengan gaya vokal rap dan milismatis oleh Scott-Heron.

Dia lahir di Chicago, Illinois, AS, pada 1 April 1949, dan meninggal di Rumah Sakit St. Luke, New York City, pada 27 Mei 2011, setelah jatuh sakit sekembalinya dari perjalanan ke Eropa.
Musiknya, terutama di album; “Pieces of a Man” dan “Winter in America” pada awal 1970-an, mempengaruhi dan meramalkan genre musik Afrika-Amerika seperti hip hop dan neo soul.

Scott-Heron dianggap oleh banyak orang sebagai rapper/MC pertama. Karya rekamannya menerima banyak pujian kritis, terutama salah satu komposisinya yang paling terkenal, “The Revolution Will Not Be Television”. John Bush dari AllMusic menyebutnya salah satu nenek moyang terpenting musik rap.

Scott-Heron tetap aktif hingga kematiannya, dan pada tahun 2010, dia merilis album baru pertamanya dalam 16 tahun yang berjudul, “I’m New Here”. Sebuah memoar yang telah dia kerjakan selama bertahun-tahun hingga saat kematiannya. “The Last Holiday” diterbitkan secara anumerta pada Januari 2012.
Scott-Heron menerima Grammy Lifetime Achievement Award pada tahun 2012.

Namanya dimasukkan pada The National Museum of African American History and Culture (NMAAHC), yang resmi dibuka pada 24 September 2016, di National Mall, dan dalam terbitan NMAAHC, “Dream a World Anew”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker