Profile

Gitaris Billy Bauer

Gitaris Billy Bauer adalah kekuatan kritis di balik evolusi jazz swing ke bebop, fretworknya yang presisi dan progresif menandakan kemunculan jazz keren dan bahkan avant-garde.

Lahir di New York City, AS, 14 November 1915, Bauer bermain banjo tetapi pindah ke gitar di akhir masa remajanya. Pertama kalinya mendapatkan perhatian di belakang klarinetis Jerry Ward.

Pada tahun 1941, ia membuat rekaman pertamanya dengan Carl Hoff & His Orchestra.

Tiga tahun kemudian Bauer menanda-tangani kontrak dengan Woody Herman Fisrt Herd, diikuti dengan tugas mendukung: Benny Goodman dan Jack Teagarden. Kelompok kecil yang muncul dari kelompok besar ini akan membuktikan lingkungan kreatif Bauer yang paling subur.

Setelah kolaborasi singkat dengan Chubby Jackson dan Bill Harris, dia bekerja sama pada tahun 1946 dengan pianis Lennie Tristano, sebuah kemitraan tiga tahun yang mengahasilkan karya paling terinspirasi dan pengaruh dalam karier gitaris nya.

Di seluruh rangkaian rekaman dan duet dari trio, Tristano dan Bauer terbukti menjadi musisi yang saling melenglapi secara unik, dengan gitar tajam Bauer yang menavigasi arransemen rumit Tristano dengan gesit dan mudah.

Bersama-sama kedua musisi tersebut sebagai pemimpin gerakan bop yang sedang tumbuh, dan pada rekaman seperti; “Intuition” dan “Digression” mereka secara efektif menciptakan free jazz.

Kolaborasi mereka mencapai puncak kreatifnya pada tahun 1951 pada sesi, “Duet for Saxophone and Guitar” yang diperluas pada.pasangan imstrumen yang tidak biasa untuk mendifinisikan kembali peran gitar jazz.

Saat itu Bauer secara teratur memenangkan penghargaan dari majalah Down Beat dan Metronome, tetapi dia mempertahankan kerendahan hati dan penghinaan dari pusat perhatiann yang pada akhirnya akan meniggalkan kontribusinya pada musik kontemporer.

Pada tahun 1956, dia merekam album, “Plactrist” untuk pertama kali dan terakhirnya atas namanya sendiri.
Bauer malah paling bahagia dan paling efektif sebagai sideman, bekerja dengan orang-orang seperti Milt Hinton dan Pete Candoli.

Dia juga bertugas di NBC Staff Orchestra dan mengajar di New York Conservatory of Modern Music. Selama tiga dekade terakhir hidupnya Bauer jarang merekam atau tampil live, malah menyalurkan energinya ke sekokah gitar Billy Bauer yang dia operasikan di sebuah kantor kecil di Roslyn Heights NY.

Pada tahun 1977, ia menerbitkan autobiograginya “Sideman” dan terus menawarkan pelajaran privat sampai beberapa minggu sebelum kematiannya akibat preumonia pada 16 Agustus 2005, di New York City, AS.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker