Profile

Dhafer Youseef

Penyanyi, komposer, dan pemain oud Dhafer Youseef lahir pada 19 November 1967, di sebuah desa kecil yang bernama Teboulba, Tunisia.
Oud adalah kecapi Arab, alat musik gesek yang dapat mengeluarkan suara indah dari mereka yang tahu cara memainkannya.
Kakek Dhafer Youseef adalah seorang muazin. Dia menyebut radio sebagai “sekolah terpenting” baginya.
Mengembangkan minatnya pada musik jazz sejak usia dini dan diam-diam mendengarkannya selama pendidikannya di sekolah Al Quràn.
Youseef meninggalkan Tunisia untuk memulai kariernya di musik jazz dan telah tinggal di Eropa sejak 1990, di Paris dan Wina.
Dia juga memainkan avant-garde dan world music, di mana Youseef telah dinominasikan untuk mendapatkan perghargaan.
Youseef telah merilis enam albumnya sendiri dan menciptakan karya terkenal dengan: pemain trompet Sardina Paolo Fresu dan, gitaris Norwegia Elvind Aasert.
Ia memiliki ketertarikan pada musik India dan musik Nordik.
Youseef adalah seorang seniman tamu artis jazz Norwegia Bugge Wesseltoft di album, “FILM ing”. Ia juga telah tampil dengan: Ustad Zakir Hussien, Uri Cainen, Tigran Hamasan, Jon Hassell, Markus Stockhausen, Nguyèn Lè, Omar Sosa, dan Husnu Şenlendirici.
Youseef adalah salah satu duta Music Traveller, bersama dengan Billy Joel, Hans Zimmer, John Malkovich, Sean Lennon, Adrien Brody, dan lainnya.
Pada 2001, Youseef merekam, “Electric Sufi” dengan mantan bagian ritme dari kelompok Sugar Hill Gang dan Tackhead yaitu Will Calhoun dan Doug Wimbish.
Pada 2015, Youseef membuka proyek Stigo Jazz Project, adalah sekolah dan festival jazz internasional Irlandia yang berlangsung di Sligo setiap bulan Juli dengan pertunjukkan kuartet di Hawk’s Well Theatre di Connacht, Irlandia.
Dia merilis album, “Diwan of Beauty and Odd” pada tahun 2006 yang mendapatkan banyak pujian dari para kritikus.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker