Profile

Penyanyi Jazz Key Davis

Kathryn Elizabeth Wimp dikenal secara profesional sebagai Key Davis kelahiran 5 Desember 1920, di Evanston, Illinois, AS, adalah seorang penyanyi jazz yang tampil dengan Duke Ellington Orchestra.
Davis bersekolah di Evanstone Township High School. Dia belajar vokal dan piano di Universitas Northwestern, di mana dia menerima gelar sarjana pada tahun 1942, dan gelar masternya pada tahun 1943.
Setelah lulus dia menghabiskan tahun berikutnya melakukan pertunjukkan di daerah Windy, di mana dia menjadi perhatian Duke Ellington. Pemimpim grup besar itu selalu mencari bakat baru, penyanyi yang bisa melakukan gaya menyanyi yang tidak menggunakan kata-kata tetapi suara, dan wanita cantik, mungkin dalam urutan itu Adelaide Hall adalah penyanyi pertama yang tampil dengan cara seperti itu, para kritikus menyebutnya sebagai vokal tanpa kata.
Pada tahun 1944, dia bergabung dengan Duke Ellington Orchestra, di mana dia bernyanyi bersama Joya Sherrill dan Al Hibbler.
Kay Davis dikenal karena vokalnya yang tanpa kata-kata seperti di lagu “Transblucency” dan “On a Turquoise Cloud”. Dia juga menyanyikan banyak lagu dengan lirik. Kay Davis adalah satu-satunya orang yang diizikan oleh Duke Ellington untuk mengulang vokal tanpa kata-kata yang tadinya dibawakan oleh Adelaide Hall di lagu, “Creole Love Call” sebuah lagu standar jazz.
Waktunya di band Ellington bertepatan dengan popularitasnya yang meningkat di film, terutama untuk Universal Pictures.
Dia melakukan tur ke Inggris dengan Duke Ellington dan Ray Nance pada tahun 1948, dan di Eropa dengan orkestra penuh pada tahun 1950.
Setelah meninggalkan Duke Ellington Orchestra pada tahun 1950, Kay Davis menikah dengan Edward Wimp. Para penggemar Duke Ellington yang disebut dengan Ellingtonia mengatakan satu-satunya kesalahan Kay Davis adalah meninggalkan kariernya di bisnis musik untuk menikah kemudian pensiun dan pergi ke Florida yang merubah nama belakangnya Davis menjadi Wimp.
Dia meninggal 27 Januari 2012, di Apopka, Florida, AS.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker