Profile

Adam Larson – Saksofonis serba bisa asal Amerika Serikat

Adam Larson lahir pada 6 Januari  1990 merupakan pemain saksofon, komposer dan penulis  lagu asal Amerika Serikat.

Seorang artis yang endorse oleh brand saksofon P. Mauriat, The Boston Sax Shop dan Key Leaves, Adam mulai bermain saksofon pada usia 11 tahun. Dijelaskan oleh kritikus Howard Reich dari The Chicago-Tribune sebagai “pemain yang menciptakan kata ‘luar biasa’ ”, oleh Peter Hum dari Ottawa Citizen sebagai “seorang pemain saksofon yang mengingatkan Donny McCaslin dan Mark Turner”, dan oleh Nate Chinen dari The New York Times sebagai “jenis musisi jazz yang ditandai sejak dini sebagai bakat dan bakat yang menjanjikan dan  memenuhi setiap persyaratan untuk sukses”.

Larson telah mengumpulkan banyak penghargaan yang membedakannya sebagai salah satu artis paling menjanjikan di generasinya. Setelah lulus SMA pada tahun 2008, Adam pindah ke New York City untuk mengejar gelar BM dan MM di jurusan Jazz Performance dengan beasiswa penuh dari The Manhattan School, dimana ia menyelesaikan studinya pada tahun 2014.

Larson telah mengumpulkan banyak penghargaan yang membedakannya sebagai salah satu artis paling menjanjikan di generasinya.

Larson telah merilis tujuh album; dua untuk Outside In, satu untuk Ropeadope Records, dua di bawah label Inner Circle Music dan dua diproduksi secara independen. Rekor terbaru Larson ‘Dengan Cinta, Dari Chicago’, menerima peringkat 4,5 Bintang yang langka dari Majalah Downbeat dan ditampilkan di Majalah JazzTimes, di antara media nasional lainnya.

Larson memiliki jadwal aktif dengan grupnya sendiri dan sebagai sideman, tampil di beberapa tempat di seluruh AS termasuk The Green Mill, The Jazz Standard, Birdland, The 55 Bar, The Jazz Gallery, The Blue Note, The Village Vanguard, Smalls , Jazz di The Bistro, The Jazz Estate, The Jazz Showcase, Dazzle, Noce, The Jewell dan beberapa lainnya.

Musik telah memungkinkan Adam untuk melihat lebih banyak dunia daripada yang pernah dia bayangkan, setelah melakukan tur ke Polandia, India, Taiwan, Belanda, dan Jerman serta sebagian besar Amerika Serikat. Trio Larson menerima South Arts ‘Jazz Road Touring Grant’ pada tahun 2022 dan pada tahun 2015 kuartet Larson terpilih sebagai salah satu dari sepuluh ansambel untuk tur atas nama program ‘American Music Abroad’ Departemen Luar Negeri AS dan melakukan tur Afrika selama 35 hari mengunjungi The Democratic Republik Kongo, Senegal, Benin dan Ghana.

Selain mempertahankan jadwal tur dan rekaman yang aktif, Larson terus menjadi dokter yang dicari dan presenter kelas master dan telah menjadi tamu di lebih dari tujuh puluh lima Universitas di seluruh dunia.

Penampilan termasuk kunjungan ke HKU Conservatory-Utrecht, Temple University, Yale, Manhattan School of Music, dan University of North Texas di antaranya.

Larson saat ini mengajar di UMKC Conservatory di mana dia mengajar kelas dalam program Kewirausahaan Seni dan sebelumnya ia mengajar saksofon jazz, bisnis musik, dan pedagogi. Selain tugasnya di UMKC, Larson memiliki studio les privat dengan beragam siswa daring dari AS dan luar negeri.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker