Profile

Kyle Eastwood bassis post-bop dan jazz kontemporer

Kyle Eastwood pemain bass jazz dan pimimpin band yang musiknya memadukan post-bop dan jazz kontemporer.
Putra dari aktor legendaris Clint Eastwood ini mewarisi kecintaan ayahnya pada musik jazz, dan menjadi pemain sesi yang disegani selama awal 90-an yang kemudian memimpin kuartetnya sendiri dan merilis album solo pertamanya, “From There to Here” (1998).
Lahir 19 Mei 1968, di Los Angeles, California, AS, putra dari pasangan Margaret Naville Johnson dan aktor serta sutradara Clint Eastwood. Kyle Eastwood berasal dari keluarga musik, seperti yang dicatat dalam artikel yang dimuat di The Independent pada 27 Oktober 2006. Kyle Eastwood memberi tahu ayahnya bahwa ia ingin menjadi musisi, dia senang karenanya. Musik selalu penting bagi keluarganya. Orang tuanya memberinya selera musik dan kecintaannya pada jazz sejak usia dini. Ayahnya bermain piano, dan ibunya adalah seorang guru musik di Northwestern University di Illinois.
Kyle Eastwood tumbuh dengan mendengarkan rekaman legenda jazz seperti Miles Davis, Dave Brubeck, Thelonious Monk, dan Stan Kenton Big Band. Ia menghadiri Monterey Jazz Festival beberapa kali bersama orang tuanya, “Salah satu keuntungan memiliki ayah yang terkenal adalah saya harus pergi kebelakang panggung” katanya dalam sebuah wawancara.
Eastwood mulai bermain gitar bass di sekolah tinggi. Setelah belajar dengan bassis Prancis Bunny Burrel, dia mulai bermain di New York City dan Los Angeles, membentuk Kyle Eastwood Quartet yang ikut berkontribusi pada acara “Eastwood After Hours: Live at Carnagie Hall” (1996), sebuah konser yang diadakan untuk menghormati Clint Eastwood atas dedikasinya untuk musik jazz. Clint Eastwood selalu tertarik pada karya Kyle.
Dua tahun kemudian pada tahun 1998, Sony Records merilis album pertamanya. Setelah menanda-tangani kontrak dengan Candid Records Inggris pada tahun 2004, Eastwood pindah ke lebel milik Dave Koz, Rendezvous Records yang merilis albumnya; “Paris Blue” (2005) dan “Now” (2006).
Selain merilis album solonya, dia juga menyumbangkan musik untuk sembilan film ayahnya: “The Rookie” (1990), “Mystic River” (2002), “Million Dollar Baby” (2004), “Flag of Our Fathers” (2006), “Letter from Iwo Jima” (2006), “Changeling” (2008), ” Gran Torino” (2008), “Invictus” (2009), dan “J Edgar” (2011). Dan dia dinominasikan dengan mitra musiknya Michael Stevens pada Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Chicago 2006 untuk skor asli film, “Letter from Iwo Jima”.
Selama kariernya di dunia musik jazz, Kyle Eastwood telah merilis sembilan buah album dan yang paling mutakhir adalah, “Cinematic” yang dikeluarkan pada tahun 2019.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker