Profile

Bassis Linda May Han Oh

Linda May Han Oh digambarkan sebagai “Musisi jazz kontemporer terhebat di Australia”. Ia sebenarnya tidak terlalu nyaman dengan penghargaan seperti itu.
Majalah JazzTimes memberitakannya dengan mengatakan “Suara bass mayor telah tiba”.
Oh adalah satu-satunya bassis jazz wanita yang pernah menghiasi sampul The Village Voice, dan dinobatkan sebagai Bassist of the Year oleh Jazz Journalists Association selama empat tahun berturut-turut.
Oh mendapat salah satu panggilan di awal 2019 oleh Pete Doctor, sutradara Pixar di belakang film “Monter Inc”, “Up”, dan “Inside Out”, waktu sedang mengerjakan film baru berjudul “Soul”. Dia sedang mencari musisi jazz terbaik di dunia untuk bermain di film ini sebagai band animasi.
Oh lahir di Malaysia tetapi keluarganya pindah ke Perth, Australia, ketika dia baru berusia tiga tahun. Dua kakak perempuannya May-Chin dan May-Sian belajar piano.
Pada usia 11 tahun Oh bermain klarinet dan bassoon. Seorang pamannya memberinya bass elektrik pada usia 15 tahun, Oh pun mulai bermain di band jazz di sekolah Churchlands dan band garasi dengan teman-temannya.
Belakangan setelah mendengar permainan bassis legendaris Ray Brown bermain di album, “Night Train” (1963) milik Oscar Peterson yang mendorongnya beralih ke instrumen bass ganda.
Oh pindah ke New York pada tahun 2006 untuk belajar di Manhattan School of Music, di mana dia bertemu dengan Almazan. Keduanya bermain di band masing-masing dan berteman selama sembilan tahun sebelum mereka menikah di tahun 2018 dan tinggal di Harlem.
Selain merilis lima album sebagai pemimpin band termasuk album, “Aventurine” pemenang penghargaan APRA pada 2019, Oh adalah bassis untuk gitaris ikonik Pat Matheny.
Dia juga seorang profesor di Berklee College of Music di Boston.
Namun, dengan semua pencapaian, bakat, dan ambisinya, Oh sangat menyadari rintangan yang datang dengan menjadi seorang wanita yang berkarier di dunia musik jazz. Menurutnya jazz adalah bidang yang didominasi pria, tapi banyak hal yang sudah berubah menjadi lebih baik.
Linda May Han Oh menjadi headline Sydney Con Jazz Festival pada 30 Mei di Sydney Conservatorium of Music. Dia akan bermain dalam program Bennelong Presents di Bennelong Restaurant di Sydney Opera House pada 17 Agustus mendatang.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker