Profile

Abel Meeropol

Abel Meeropol adalah penulis puisi dan lagu, “Strange Fruit” yang direkam oleh Billie Holiday.
Menurut putranya Robert Meeropol lagu ciptaannya, “Strange Fruit” mendapatkan royalti yang cukup besar.
Meeropol lahir pada 10 Februari 1903, di Bronk, New York, AS, dari imigran Yahudi Rusia.
Dia lulusan DeWitt Clinton High School pada tahun 1921 dan memperoleh gelar BA dari City College of New York, dan MA dari Harvard.
Dia mengajar bahasa Inggris di DeWitt Clinton High School selama 17 tahun.
Selama masa jabatannya ia mengajar penulis terkenal dan advokat keadilan rasial: James Baldwin dan Countee Cullen.
Meeropol menulis puisi anti hukuman mati tanpa pengadilan, Strange Fruit pada tahun 1937 yang pertama kali diterbitkan sebagai ‘Buah Pahit” dalam terbitan Serikat Guru. Dia kemudian menuliskannya ke musik.
Lagu ini direkam dan dibawakan oleh Billie Holiday dan Nina Simon di antara artis lainnya.
Holiday mengklaim dalam buku “Lady Sing the Blues” bahwa dia ikut menulis musik untuk lagu tersebut dengan Meeropol dan Sonny White.
Meeropol menulis banyak puisi dan lagu, termasuk hit dari: Frank Sinatra dan Josh White, “The House I Live In”. Ia juga menulis libretto dari Robert Kurka opera “The Good Soldier Schwelk”, yang dipentaskan perdana pada tahun 1958 oleh New York City Opera.
Karyanya “Apel, Persik dan Ceri” diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis oleh Sacha Distel dan menjadi nomor satu di Prancis dengan judul “Scobidou”.
Abel Meeropol mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta atas plagiarisme Sacha Distel, karena pada awalnya Distel mengklaim lagu tersebut sebagai miliknya. Setelah kasus ini diselesaikan, Meeropol mulai mendapatkan royalti atas karyanya tersebut.
Meeropol menerbitkan karyanya dengan nama samaran Lewis Allan untuk mengenang nama anaknya yang meninggal ketika lahir.
Meeropol adalah seorang komunis yang bersimpati kepada: Julius dan Ethel Rosenberg. Kemudian dia dan istrinya Anne mengadopsi dua putra Rosenberg, Michael dan Robert yang menjadi yatim piatu setelah orang tua mereka dieksekusi karena spionase. Michael dan Robert mengambil nama keluarga Meeropol.
Meeropol meninggal 30 Oktober 1986, di Rumah Perawatan Yahudi di Longmeadow, Massachusetts, AS.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker