Profile

Bassis Rodney Whitaker

Bassis yang terkenal secara internasional dan artis rekaman Mack Avenue, Rodney Whitaker, kelahiran 22 Februari 1968, di Detroit, Michigan, AS, saat ini memegang gelar Profesor Jazz Bass dan Direktur Studi Jazz di Michigan State University, di mana dia telah membangun salah satu program gelar jazz terkemuka dan fakultas pertunjukkan di AS.
Dia juga Direktur Artistik dan Profesor Jazz Universitas Negeri Michigan, mantan Penasehat Artistik Jazz Orkestra Simponi Detroit dan anggota Orkestra Jazz Lincoln Center.
Whitaker menerima pengakuan nasional pertamanya saat tampil dengan Harrison/Blanchard Quintet.
Membangun akar Detroit dan bakatnya yang luar biasa, Whitaker kemudian mendapatkan reputasi internasional sebagai salah satu pemain double bass terbaik di dunia. Dia menyelesaikan masa jabatan tujuh tahun sebagai bassis dengan Septet Wyhton Marsalis dan Lincoln Center Jazz Orchestra. Dia telah berkeliling dunia selama dua puluh lima tahun terakhir. Berkolaborasi dan tampil dengan artis jazz legendaris seperti: Dizzy Gellispie, Mulgrew Miller, Jimmy Heath, Eric Reed, Kathleen Battle, Dianne Reeves, Cassandra Wilson, Diana Krall, Jon Faddis, Donald Harrison, Terence Blanchard, Chick Corea, dan sederet lagi musisi jazz top lainnya.
Rodney Whitaker adalah salah satu pemain bass yang bekerja dan berayun keras di panggung dan telah merekam dengan musisi hebat seperti: Roy Hargrove, Pat Matheny dan Wynton Marsalis. Ditampilkan lebih dari 100 rekaman, dia juga memiliki rilis DVD yang menampilkan Departemen Jazz Universitas Negeri Michigan yang berjudul “Inside Jazz” dan dua CD, “Get Ready” dan “World To Do” keduanya di Mack Avenue Records.
Seorang pendidik jazz yang terbukti dan berkomitmen, Whitaker telah mempresentasikan banyak kelas master di seluruh negara di lokasi-lokasi seperti Duke University, Howard of University, University of Iowa, University of Michigan, Barbican di London, New School (NY), Lincoln Center, dan Festival Jazz Internasional Detroit.
Selain itu, dia adalah konsultan di Detroit Symphony Orchestra dalam pengembangan departemen pendidikan jazz, dan pernah bekerja di fakultas di University of Michigan dan Juliard Institute of Jazz.
Pada tahun 2006, ia dinominasikan di Juno Award Kanada untuk karyanya, “Let Me Tell You About My Day” di produksi oleh Alma Records.
Whitaker juga dinominasikan untuk Album Jazz Tahun Ini yang berkolaborasi dengan Phil Dwyer dan Alan Jones.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker