Profile

Pierrejean Gaucher

Pierrejean Gaucher seorang gitaris dan komposer jazz Prancis, yang terkenal karena mengusung genre jazz fusion.
Gaucher musisi kelahiran 17 Desember 1958, di Boulogne-Billacourt, Prancis, awalnya tertarik seni rupa, baru mulai bermain gitar pada usia 16 tahun.
Setelah lulus universitas, ia memutuskan untuk berkarier sebagai musisi. Dia mendirikan band fusion-nya sendiri Abus Dangereux yang membuat debut album, “Quatrieme Mouvement” pada tahun 1979.
Pada tahun 1981, ia menghabiskan waktu dengan kuliah di Berklee School of Music di Bonton, Amerika, kemudian kembali ke Prancis dan tampil lagi dengan grupnya. Band itu mempersingkat namanya menjadi Abus pada tahun 1986, merilis total delapan album dan memberikan lebih dari 400 konser di Prancis dan di luar negeri. Band ini juga tampil dengan beberapa musisi seperti: Randy Bracker, Robert Thomas Jr, Bobby Rangell, Stèphane Belmondo, Oliver Hutman, Etienne M’Bappè dan Benoit Moerlen.
Pada tahun 1992, Gaucher mendirikan trio baru dengan: drummer Andrè Charlier dan bassis Daniel Yvinec, yang merilis dua album yang mendapat pujian kritis. Pada tahun 1994, ketiganya berkembang menjadi kwintet dan sejak saat itu tampil di berbagai festival di Prancis dengan nama Zappe Zappa.
Pada tahun 2000, dia kemudian mendirikan Phileas Band, yang dengannya Gaucher merekam album dan melakukan tur.
Dia juga mendirikan Duo 2G dengan rekannya pemain gitarnya Christophe Godin di tahun 2002, duo ini memainkan program yang memiliki titik awal di Fables of Fontaine yaitu sebuah genre gabungan antara dongeng kuno Eropa dan fabel dari penulis klasik Prancis Jean de La Fontaine yang dikenal oleh setiap anak sekolah di Prancis saat ini.
Dia juga berkontribusi di album musisi lain dan ada di album Didier Lockwood.
Gaucher terus membuat komposisi untuk teater dan menulis musik tema untuk program televisi “Jazz 6” milik Philippe Adier pada tahun 1987. Dia juga sukses sebagai guru gitar dan mengajar di CMDL Didier Lockwood dan MAI di Nancy. Dia juga menerbitkan video instruksional dan menulis beberapa buku teks, salah satunya dengan Daniel Goyone.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker