Profile

Cecil McBee bassis serba guna di post-bop

Salah satu bassis paling maju dan serba guna di post-bop, Cecil McBee telah bermain dengan berbagai macam artis. Ia sama cakapnya bermain dalam konteks improvisasi solo atau grup, seperti dia menawarkan dukungan latar belakang yang canggih.
McBee lahir 19 Mei 1935, di Tulsa, Oklahoma, AS, dan bermain klarinet ketika di sekolah menengah sebelum beralih ke instrumen bass di usianya 17 tahun.
Ia belajar menjadi guru musik dan menghabiskan dua tahun memimpin band militer. McBee bermain untuk Dinah Washington pada tahun 1959, dan pada 1962 dia pindah ke Detroit untuk membuat terobosan dalam kancah jazz kota yang sedang berkembang.
McBee bergabung dengan ansambel folk-jazz Paul Winter di tahun 1963, dan pindah ke New York bersama mereka pada tahun berikutnya.
Dia menemukan banyak peluang di sana, merekam dan bermain dengan artis seperti: Andrew Hill, Sam Rivers, Jackie McLean, Wayne Shorter, dan Keith Jarrett.
McBee bekerja dengan Charles Lloyd selama tahun terobosan pemain saksofon itu di tahun 1966, dan kemudian bermain dengan: Pharoah Sanders, Yusef Lateef, Alice Coltrane, dan Charles Tolliver.
Tahun 70-an menemukan McBee mempertahankan banyak koneksi tersebut, sementara itu dia juga bermain dengan: Abdullah Ibrahim, Lonnie Liston Smith, Joanne Brackeen, Art Papper, dan Chico Freeman, plus memimpin sesi pertamanya untuk lebel Strata East Records dengan mengeluarkan album, “Mutima” pada tahun 1974.
Dua rekaman live pun dilempar dari tahun 1976 yang menampilkan Chico Freeman: “Music from the Source” dan “Alternate Spaces”.
McBee kemudian bercabang dengan konsep musik jazz kamar yang digerakkan oleh string pada upaya berikutnya lewat album, “Flaying Out” tahun 1982.
Namun setelah merilis, “Compassion” di tahun 1993 McBee sebagian besar tetap diam sebagai pemimpin selama beberapa waktu, kembali ke peran sideman yang sudah penah dilakoninya.
Pada tahun 1996, dia membentuk kuintetnya sendiri dan mulai berkeliling Eropa, musik mereka didokumentasikan di album, “The Cecil McBee Band Unspoken” di tahun 1997.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker