Profile

Pianis Jutta Hipp

Jutta Hipp pianis dan komposer jazz lahir di Leipzig, Republik Welmar, pada 4 Februari 1925, ia awalnya mendengerkan jazz secara diam-diam, karena tidak disetujui oleh Nazi.
Dia mulai bermain piano pada usia 9 tahun. Kritikus jazz Leonard Feather mendengar Hipp tampil di Jerman pada tahun 1954.
Dia memiliki karier yang sangat singkat, keluar dari musik sama sekali tidak lama setelah berimigrasi ke Amerika Serikat.
Dia belajar melukis di Jerman dan bermain jazz selama Perang Dunia II. Ketika Soviet mengambil alih Jerman Timur, dia pindah bersama kekuarga ke Munich, Hipp bermain secara lokal dan pada tahun 1952, direkam dengan Hans Koller.
Hipp memimpin kuintetnya sendiri di Frankfurt pada 1953-1955 dan merekam untuk beberapa lebel, termasuk sesi yang kemudian dirilis oleh Blue Note.
Pindah ke New York pada November 1955, Hipp bermain di Hickory House selama sebagian besar paruh pertama 1956, merekam dua album trio untuk Blue Note. Meskipun awalnya terinspirasi oleh Lennie Tristano, dia dikritik pada saat itu karena terlalu terpengaruh oleh Horace Silver.
Namun sebuah album studio dari Juli 1956 dengan Zoot Sims menemukan Hipp menunjukkan gaya yang cukup orisinal. Sayangnya, itu adalah rekaman terakhirnya, karena Jutta Hipp segera keluar dari musik, kembali melukis kemudian bekerja sebagai penjahit di sebuah pabrik pakaian.
Dia kehilangan kontak dengan dunia musik sejauh Blue Note Records tidak tahu ke mana royalti harus dikirim sampai tahun 2000.
Tiga tahun kemudian, pada usia 78, Jutta Hipp meninggal di apratemennya di Queen, New York City, AS, 7 April 2003, di mana dia tinggal sendirian.
Setelah kematiannya, pada tahun 2011, sebuah jalan di Leipzig dinamai Hipp-Juttq-Hipp-Weg.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker