Profile

The Rippingtons

Saat mulai membentuk The Rippingtons, Russ Freeman tidak membayangkan grup yang dibentuknya itu akan bertahan lebih dari satu album, apalagi bisa tetap eksis selama 35 tahun.
Selama 35 tahun grup jazz kontemporer ini telah merilis 20 album lebih dan semuanya berhasil mencapai puncak. Album debut mereka, “Moonlighting” mendapat pujian dari majalah Jazziz sebagai album jazz kontemporer nomor satu yang paling berpengaruh sepanjang masa.
Lagu, “She Likes to Watch” di album itu menjadi lagu wajib The Rippingtons setiap kali melakukan konser.
Russ Freeman membentuk grup ini di tahun 1986. Awalnya, Freeman merekam album solo, “Nactural Playground” tahun 1985. Setahun kemudian, ia diminta membuat rekaman untuk lebel Alfa di Jepang dan mendapat ide untuk memberi nama The Rippingtons bagi sejumlah musisi bintang yang tampil dalam rekaman berjudul, “Moonlighting” tersebut.
Album yang antara lain menampilkan: pianis David Benoit, saksofonis Kenny G dan Brandon Fields itu sukses menjadi hit di Amerika Serikat.
Tak lama kemudian, Russ Freeman membentuk band yang melakukan tur secara teratur, terdiri dari Jeff Kashiwa (saksofon), Kim Stone (bass), Tony Morales (drum), Steve Reid (perkusi), dan Russ Freeman (gitar).
Setelah debut albumnya itu The Rippingtons mendominasi ranah smooth jazz dari akhir 80-an dengan merilis album-album seperti: “Kalimanjoro”, “Tourits in Paradise”, “Welcome to the St. James Club”, “Weekend in Monaco”, “Live in L.A”, dan lain-lain.
The Rippingtons dipengaruhi banyak genre musik mulai jazz, pop, rock, hingga world music, EDM, dan R&B. Bintang-bintang yang pernah berkontribusi direkaman grup ini diantaranya adalah Patti Austin, Jeffrey Osborne and The Whispers, Bob James, Joe Sample, David Benoit, Kenny G, Jeff Kashiwa, Kirk Whalum dan beberapa lagi.
Maskot band ini adalah kucing jazz yang menyeringai dan mengenakan kacamata hitam yang muncul dalam karya seni dari semua rilis albumnya.
Anggota band saat ini Russ Freeman (gitar, keyboard), Dave Karasony (drum), Bill Heller (piano), Rico Balled (bass), dan Brandon Fields (saksofon).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker