Profile

Emile-Claire Barlow

Emile-Claire Barlow dari Toronto adalah penyanyi pemenang Penghargaan Juno dengan gaya vokal hangat dan luwes yang berkemampuan membawakan standar jazz.
Lahir di Toronto, Ontario, Kanada, pada 6 Juni 1976, Barlow tumbuh dalam keluarga musik. Ayahnya adalah drummer jazz yang bernama Brian Barlow, yang juga tercatat sebagai Brian Leonard dan terkenal karena karyanya dengan Boss Brass (sebuah band besar Kanada yang dipimpin oleh trombonis Rob McConnel).
Tak heran sang drummer menanamkan apresiasi jazz pada putrinya dan mendorongnya untuk menyanyi dan mempelajari beberapa alat musik seperti piano, biola, cello, dan klarinet.
Pada saat dia berusia tujuh tahun, Barlow menyanyi untuk iklan televisi dan radio.
Barlow belajar di Sekolah Seni Etobicoke dan teori musik juga arransemen di Humber College.
Dia kemudian aktif di kancah jazz Toronto. Pada tahun 1997, dia dan ayahnya membentuk Barlow Group-sebuah oktet berorientasi akustik yang soloisnya termasuk: trombonis Russ Little dan pemain saksofon John Johnson.
Dia ikut memproduseri album pertamanya, “Emile-Claire Barlow Sings” dengan ayahnya pada tahun 1998 sebelum merekam, “Tribute” pada tahun 2000.
Barlow yang mendapat pengaruh dari: Ella Fitzgerald, Tony Bennett dan Stevie Wonder. kemudian mendirikan Empress Music Group-nya sendiri dan merekam beberapa album yang diterima dengan baik termasuk “Like a Lover” (2005), “Winter Wonderland” (2006), dan “The Very Thought of You” (2007), di mana dia mendapatkan nominasi Juno Award ketiganya. Tahun berikutnya dia memenangkan Vokalis Wanita Tahun Ini di Penghargaan Jazz Nasional Kanada.
Dua lagi album yang masuk nomimasi Juno Award yaitu; “Haven’t We Met” (2009) dan “The Best Goes On” (2010).
Pada tahun 2011, Barlow mengeluarkan, “Seule Ce Soir” rekaman studio kesembilannya dan yang pertama dinyanyikan seluruhnya dalam bahasa Prancis. Banyak dipuji, album ini membuat penyanyi itu memenangkan Penghargaan Juno pertamanya untuk Album Jazz Tahun Ini, serta penghargaan ADISQ untuk Album Tahun Ini-Interpretasi Jazz.
Pada tahun 2015, ia kembali mengeluarkan album, “Clear Day”, yang menampilkan dukungan dari Dutch Metropole Orkest. Album ini menampilkan pengerjaan ulang jazz dari pop modern, rock, dan standar folk, termasuk lagu-lagu oleh: David Bowie, Joni Michell, Van Morrison dan lainnya. Itu memenangkan Penghargaan Juno untuk Album Jazz Vokal Tahun Ini.
Dia juga telah menyuarakan berbagai karakter untuk serial televisi animasi termasuk “Sailor Mers” dan “Sailor Venus” di “Sailor Moon”, dan beberapa lagi.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker