Profile

Slide Hampton

Slide Hampton trombonis jazz, komposer, sekaligus penata musik kelahiran Jeannette, Pennsylvania, AS, 21 April 1932, dideskripsikan oleh para kritikus sebagai komposer master, arranger dan pemain trombone unik.
Karir Hampton termasuk yang paling terkenal dalam jazz. Seperti yang tersirat dari julukannya, instrumen utama Hampton adalah slide trombone, tetapi dia juga terkadang memainkan tuba dan flugelhorn.
Keluarga Hampton adalah keluarga yang sangat musikal, di mana ibu, ayah, dan saudara-saudaranya semuanya bisa memainkan alat musik.
Slide Hampton adalah salah satu dari sedikit pemain trombone kidal. Sebagai seorang anak, ia diberi trombone yang diatur untuk bermain kidal atau mundur dan karena tidak ada yang pernah membujuknya, dia terus bermain seperti itu.
Pada usia 12 tahun, Hampton bermain di band jazz Indianapolis keluarganya, The Duke Hampton Band.
Pada 1952 diusianya yang ke-20, ia tampil di Carnagie Hall bersama Lionel Hampton Band. Ia bermain dengan Buddy Johnson R&B Band (1955-1956), kemudian menjadi anggota dari Maynard Ferguson Band (1957-1959), di mana Hampton bermain dan mengatur serta memberikan kegembiraan di lagu-lagu populer seperti; “The Fugue”, “Three Little Foxes” dan “Slides Derangement”.
Pada tahun 1958, dia merekam dengan master trombone pada rilis klasik Melba Liston, “Melba Liston and Her Bones” di Metro Jazz Records. Seiring dengan reputasinya yang semakin tumbuh dengan baik: Art Blakey, Tadd Dameron, Barry Harris, Thad Jones, Mel Lewis, dan Max Roach, menyumbangkan komposisi dan aransemen asli pada album yang dibuat oleh Hampton.
Pada tahun 1962, ia membentuk Slide Hampton Octet, dengan pemain trompet: Freddie Hubbard dan George Coleman. Band ini melakukan tur AS dan Eropa dan merekam album di beberapa perusahaan rekaman.

Pada tahun 1968, Slide Hampton melakukan tur dengan orkestra Woody Herman, dan dia menetap di Eropa di mana dia tinggal sampai 1977.

Dia mengajar di Harvard, artists-in-resident pada tahun 1981, Universitas Massachusetts, Universitas De Paul di Chicago, dan Universitas Negeri Indiana. Selama periode ini ia memimpin World of Trombones, band sembilan trombone tiga irama miliknya sendiri, kwintet dengan Jimmy Heath yang memainkan musik Tadd Dameron.
Pada tahun 1986, Hampton muncul dalam “Play It Again, Russell” sebuah episode dari serial TV “The Cosby Show”. Hampton juga memainkan trombone di, “Diana Ross Live! The Lady Sings ….. Jazz & Blues: Stolen Moment” (DVD, 1992).
Pada 4 Juni 2006, Hampton mempromosikan konser pertamanya di The Tribeca PAC di New York City (sebuah konser penghargaan untuk Antonio Carlos Jobim) dan memulai debutnya Slide Hampton Ultra Big Band. Konser itu adalah yang pertama dari banyak yang direncanakan dalam waktu dekat.
Tahun 2009, dia menyelesaikan empat komposisi baru berjudul, “A Tribute to African-American Greatness”. Lagu-lagu tersebut dihormati oleh: Nelson Mandela, Oprah Winfrey, Tiger Woods, Venus Williams, Serena Williams, dan Brack Obama. Lagu-lagu yang berisi lirik pengiring yang ditulis oleh Hampton dan Tony Charles, aransemen untuk menghormati: Thelonious Monk, Thad Jones, Eddie Harris, Dexter Gordon dan Gill Evans melengkapi program tersebut album ini direkam pada 2010.
Pada tahun 1988, Hampton memenangkan Grammy Award untuk Best Jazz Arrangement Accompanying Vocalist, sebagai arranger untuk lagu, “Catton Tall” yang dibawakan oleh Dee Dee Bridgewater. Dia juga memenangkan lagi Grammy pada 2005 kategori Album Ensamble Jazz Besar Terbaik, untuk albumnya, “The Music of Slide Hampton”. Hampton juga menerima nominasi lain pada tahun 2006 untuk arransemen, “Stardust” yang diperuntukkan buat Dizzy Gillespie All-Star Big Band.
Pada tahun 2005, Hampton dihormati di festival jazz di Indianapolis. Disanalah, Indianapolis Jazz Foundation melantiknya ke dalam Hall of Fame mereka.
Pada tahun yang sama, National Emdowment for the Arts memberikan penghargaan kepada Slide Hampton dengan penghargaan tertinggi dalam jazz, NEA Jazz Masters Award.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker