Profile

Saksofonis Javon Jackson

Pemain saksofon tenor jazz, pemimpin band, dan pendidik Javon Jackson, pertama kali dikenal sebagai anggota Art Blakey & The Jazz Messengers dari tahun 1987 hingga kematian Blakey di tahun 1990.
Jackson kemudian merilis 20 rekaman sebagai pemimpin band dan tur juga rekaman di lebih 150 album, dengan musisi seperti Elvin Jones, Freddie Hubbard, Charlie Haden, Betty Carter, Cedar Walton, Ron Carter, Dr. Lonnie Smith, Stanley Turrentine dan Ben E. King.
Javon Jackson yang nama kelahirannya adalah Javon Anthony Jackson di Carthage, Missouri, AS, pada 16 Juni 1965, dalam karier solonya, musiknya merupakan dari tradisi dan neo jazz, mencampurkan hard-bop dengan pengaruh soul dan funk, yang diakui karena gayanya yang beragam.
Pada tahun 1992, Jackson memainkan saksofon Illinois Jacquet di film Spike Lee “Malcolm X”. Dia juga ditampilkan dalam film yang memainkan standar Lionel Hampton/Benny Goodman di “Flying Home”.
Ia menjadi ketua Institut Jazz Jackie McLean di Universitas Hartford pada tahun 2013. Pada tahun 2019, Yayasan Festival Newport memperluas jangkauan program Majelis Jazz Newport yang populer dengan memperkenalkan Majelis Jazz Studi Jazz McLean, di bawah arahannya. Dia juga menjabat sebagai Direktur Artistik Jazz di Lembah Hudson, sebuah festival musik tahunan yang bersejarah,
Jackson yang dibesarkan di Denver, tumbuh dewasa dari kedua orang tua penggemar jazz, yang membimbing dia untuk menyukai musik Ahmad Jamal, Sonny Stitt, Dexter Gordon, dan Charlie Parker.
Jackson pertama kali ingin bermain drum, tetapi ayahnya tidak mengizinkannya karena menurutnya terlalu keras. Setelah mencoba trompet, Jackson akhirnya memilih saksofon alto pada usia 10 tahun.
Di usia 16 tahun, ia merubah instrumennya menjadi saksofon tenor dan di masa remajanya ia diajar oleh pianis Billy Walles. Jackson sempat terdaftar di University of Denver, sebelum menghabiskan bagian dari tahun 1985-1986 di Berklee College of Music yang ia tinggalkan karena bergabung dengan Art Blakey band. Di mana ia bermain bersama pianis Benny Green, pemain trompet Philip Harper, trombinis Robin Eubanks, dan bassis Peter Washington.
Jackson telah menjabat sebagai Asisten Profesor Jazz di Long Island University di New York (1996-1998) dan di Conservatory of Music di Purchase College in Purchase, NY (1999-2007).
Dia juga menjabat sebagai Ketua Jazz National YoungArts Foundation dan juga anggota JEN (Jazz Education Network), di mana dia membantu sebagai JENerations Jazz Koordinator Artis.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker