Profile

Bassis Charnett Moffett antara elektrik dan akustik

Charnett Moffett adalah seorang bassis virtuoso yang sangat terampil memainkan akustik dan elektrik.
Putra dari drummer Charles Moffett Sr dan adik drummer Codaryl, penyanyi Chrisse, pemain trompet Mondre, dan pemain saksofon tenor Charles Jr (semuanya telah menjadi bintang tamu direkamannya).
Moffett lahir pada 10 Juni 1967, di New York City, AS, ia mulai bermain bass lebih awal dan muncul pada usia 8 tahun, dan ikut tur bersama band keluarga ke Timur Jauh pada tahun 1975.
Ia bersekolah di Florello H. LaGuardia High School of Music & Art and Performing Arts di New York City dan kemudian belajar di Mannes College of Music juga di Julliard School of Music.
Pada tahun 1983, ia bermain di debut pemain saksofon Branford Marsalis, “Scenes in the City” dan tahun berikutnya Moffett berada dikuintet Wynton Marsalis ketika berusia 16 tahun, dan bermain dengannya dari tahun 1983 hingga 1985.
Selama tahun 1980-an, ia juga bekerja dengan gitaris inovatif Stanley Jordan, muncul di debut Blue Note Records pada album, “Magic Touch” serta dua album lainnya dengan kuintet drummer Tony Williams: “Civilization” (1987) dan “Angel Heart” (1988).
Moffett muncul di 17 rekaman sebelum dia berusia 20 tahun, telah bekerja dengan: Slide Hampton, Mulgrew Miller, Monty Alexander, Sonny Sharrock, David Sanborn, Arturo Sandoval, dan Dianne Reeves, diantara banyak yang lainnya.
Dia juga bermain secara teratur dengan Ornette Coleman dari 1993 hingga 1995. Dan telah merekam secara teratur sebagai artis solo sebagai pimpinan band dimulai tahun 1987 di Blue Note Records, “NetMan” yang menampilkan: Michael Brecker, Kenny Kirkland, dan Al Foster.
Pada tahun 2008, ia menanda-tangani kontrak dengan Motèma Music merilis: “The Art of Improvisation” pada Mei 2009 dan “Treasure” di Juni 2010. Kedua album ini dipengaruhi oleh musik Asia dan Timur Tengah yang membuatnya menjadi semakin terkenal.
Di album, “Treasure” ia menggunakan motode tiga bass untuk mereflesikan musikalitasnya yang berbeda bass akustik tegak, bass elektrik tanpa fret, dan bass piccolo elektriknya.
“The Bridge: Solo Bass Works” dan “Spirit of Sound” dikeluarkan pada 2013 dan untuk merayakan tahun ketiga puluhnya sebagai artis rekaman.
Moffett merilis album live pertamanya, “Music from Our Soul” yang menampilkan rekan senegaranya dalam jazz: Pharoah Sanders, Stanley Jordan, Cyrus Chestnut, Jeff “Tain” Watts, Victor Lewis dan Mike Clark.
Pada 2019 ia merilis, “Bright New Day” bekerja sama dengan anggota band turnya: pemain biola Scott Tixier, pemain keyboard Brian Jackson, drummer Mark Whitfield Jr dan penyanyi juga gitaris Jana Herzen.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker