Profile

Maria Pia De Vito

Maria Pia De Vito adalah penyanyi, komposer, penata musik jazz dan multi instrumentalis dari Italia. Dia terkenal karena improvisasinya seperti menterjemahkan standar jazz dan lagu-lagu rakyat internasional.
De Vito lahir di Naples, Napoli, Italia, pada 17 Agustus 1960, dan memulai studi vokal formal saat kecil, mempelajari opera dan musik klasik serta tradisi rakyat Neapolitan.
Dia memulai karier pertunjukkannya pada tahun 1976, bermain dengan berbagai ansambel, bernyanyi, bermain gitar, dan kemudian piano. Karyanya yang paling awal adalah polifoni etnis dan non etnis serta musik rakyat yang terkait dengan negara-negara Medeterania, Balkan, dan Amerika Selatan.
Pada tahun 1980, De Vito mulai bekerja di lingkungan jazz dengan musisi terkenal dunia termasuk: Paolo Fresu, Bruno Tommaso, dan Gianluigi Trovesi. Dia juga tampil di klub dan festival internasional bersama: Joe Zawinul, Michael Brecker, Peter Erskine, Miroslov Vitous, Uri Caine, Dave Luebman, Billy Hart, Steve Turre, Maria Joso, Art Ensamble of Chicago, dan Nguyen-Le. De Vito menyanyikan semuanya mulai dari interpretasi bop dan post-bop dari Great American Songbook.
Rekaman pertamanya pada tahun 1987, “Mr Frankenstien Blues”, dia memimpin Tino Tracana Sextet. Dia melakukan tur internasional dan muncul di berbagai rekaman oleh artis jazz Italia termasuk: Piano & Bit oleh Ernesto Vitolo, Mike Stern dan Toots Thielemans untuk RCA Records.
Pada tahun 1994, De Vito memulai fase baru dalam kariernya pada sebuah proyek yang disusun dan diarahkan bersama dengan Rita Marcotulli, yang mencerminkan ekspresi vokal sebagai suara pertemuan dalam antara jazz dan nyanyian Neapolitan, menghasilkan album, “Neuplia” dan “Force Paese” pada tahun 1995 dan 1996.
De Vito terus berkolaborasi dengan artis lain dan melakukan tur di tahun-tahun berikutnya.
Pada 2013, ia melakukan debut di ECM Records bersama II Pergolase, ditemani oleh: Francois Couturier, Anja Lechner, dan Michael Rabbia.
Pada tahun 2017, kembali dengan Core, sebuah penampilan yang bernuansa jazz Brasil yang menghadirkan tamu istimewa: Chico Buarque, Gabriele Mirabassi, Roberti Taufic, dan lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker