Profile

Phil Woods

Salah satu ahli kosakata bop yang sebenarnya, Phil Woods yang memiliki suaranya sendiri yang dimulai pada pertengahan 50-an dan terjebak pada senjata musiknya sepanjang karier yang sangat produktif. Tidak pernah ada keraguan bahwa dia adalah salah satu pemain alto saksofon top dalam jazz, Woods tidak kehilangan antusiasme maupun kreativitasnya selama bertahun-tahun.
Woods kelahiran 2 November 1931, di Springfield, Massachusetts, AS.
Alto pertama yang dimainkan oleh Woods dikasih oleh pamannya, dan dia bermain dengan serius ketika dia berusia 12 tahun.
Dia manggung dan belajar secara lokal sampai 1948, ketika dia pindah ke New York Woods belajar dengan Lennie Tristano, di Manhattan School of Music dan Juliard School di mana dia mengambil klarinet.
Dia bekerja dengan: Charlie Barnet (1954), Jimmy Raney (1955), George Wallington, Dizzy Gillespie Orchestra, Buddy Rich (1958-1959), Quincy Jones (1959-1961), dan Benny Goodman (untuk tur terkenal tahun 1962 di Uni Soviet), tetapi dia sebagian besar memimpin kelompoknya sendiri setelah 1955, termasuk kepimpinannya bersama dari kombo dengan sesama altois Gene Quill di tahun 50-an yang logis dikenal sebagai “Phil & Quill”.
Pada tahun 1973, Woods membentuk kwintet dengan: pianis Mike Melillo, bassis Steve Gilmore, drummer Bill Goodwin, dan gitaris Harry Leahey. Rekaman mereka, “Live at the Showboat” secara resmi meluncurkan band.
Woods menyumbangkan solo alto yang terkenal untuk rekaman hit Billy Joel, “Just the Way You Are” dan merupakan salah satu artis favorit Michael Legrand.
Dia membuat lusinan rekaman berharga sendiri selama bertahun-tahun. Lebel Italia Philogy Records (yang memiliki beberapa siaran dan pertunjukkan langsung dari band Woods) dinamai menurut nama altois yang populer dan brilian.
Phil Woods meninggal karena komplikasi emfisema pada 29 September 2015 pada usia 83 tahun di East Stroudsberg, Pennsylvania, AS.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker