KomunitasProfile

Roy Campbell Jr

Roy Campbell Jr adalah pemain trompet yang sering dikaitkan dengan free jazz, meskipun ia juga menampilkan rhythm and blues dan funk selama kariernya.
Lahir di Los Angeles, California, AS, pada 29 September 1952, dengan nama lengkap Roy Sinclair Campbell Jr, dan meninggal karena penyakit kardiovaskuler aterosklerotik hipertensi pada usia 61 tahun di The Bronk, New York, AS, 9 Januari 2014.
Pada usia 15 tahun ia mulai bermain trompet dan segera belajar di Program Jazz Mobile bersama dengan: Kenny Dorham, Lee Morgan, dan Joe Newman.
Sepanjang tahun 1960-an, masih belum mengenal gerakan avant-garde, Campbell tampil di band-band besar di Manhattan Community College.
Sejak tahun 1970-an dan seterusnya, ia tampil terutama dalam kontek free jazz, menghabiskan sebagian dari periode ini belajar dengan Yusef Lateef.
Pada awal 1990-an, Campbell pindah ke Belanda dan tampil secara reguler bersama: Klaas Hekman dan Don Cherry. Selain memimpin grupnya sendiri dia tampil dengan: Yo La Tengo, William Parker, Peter Bròtzmann, Matthew Shipp, dan improvisor lainnya.
Sekembalinya ke Amerika Serikat ia memimpin grupnya Other Dimensions in Music dan juga membentuk Pyramid Trio, trio pianoless yang dibentuk dengan William Parker.
Selama kariernya sebagai pemimpin band, Campbell merilis tidak kurang dari tujuh buah album dari, “New Kingdom” (1992) hingga “Akhebaten Suite” (2008).
Itu belum terhitung dengan album dia sebagai co-leader dan sideman, bersama Dimensions in Music, The Nu Band, Billy Bang, El-P, Yuko Fujiyama, Dennis Gonzales, Khan Jamal, Adam Lane, dan beberapa nama lagi.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker