Profile

Carl Allen

Elvin Jones dan Art Blakey adalah drummer yang paling mempengaruhi permainan Carl Allen, musisi kelahiran 25 April 1961.

Allen telah bekerja dengan sederet musisi jazz seperti: Freddie Hubbard, Jackie McClean, George Coleman, Phil Woods, Benny Green Trio, dan Rickie Lee Jones.

Lewat Green itulah Allen bertemu dengan bassis Christian McBride. Keduanya sering bekerja sama, bekerja untuk banyak kombo pemimpin nama besar.

McBride merekrut Allen untuk band nya, Christian McBride & Inside Straight. Allen adalah drummer kuintet itu untuk rekaman pertamanya, “Kinda Brown” dan tur kelilingnya.

Pada tahun 1988, dia dan Vincent Herring mendirikan Big Apple Productions, yang menghasilkan beberapa album yang menampilkan pemain jazz muda.

Ia tergabung dalam fakultas The Julliard School pada 2001, dan menjadi Artistic Director of Jazz Studies pada 2008. Ia digantikan sebagai pengarah oleh Wynton Marsalis pada 2013, dan meninggalkan Julliard pada akhir tahun akademik.

Pada tahun 2011, Allen muncul sebagai dirinya sendiri dalam dua episode dari serial HBO “Tremè”, dalam sebuah adegan di studio rekaman di New York City.

Pada tahun 2014, ia membentuk grupnya sendiri The Art of Elvin untuk memberi penghormatan kepada Art Blakey dan Elvin Jones. Band ini memulai debutnya di konferensi Percussive Arts Society (PAS) di Indianapolis, Indiana, dengan Carl Allen pada drum, Freddie Hendrix (trompet), Tivon Pennicott (saksofon tenor), Xavier Davis (piano), Yasushi Nakamura (bass).

Sebagai seorang pimimpin band, Allen telah merilis: “The Pursuer” (1994) dan “Testimonial” (1995).

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker