Profile

Jimmy Garrison

Jimmy Garrison pemain doublebass jazz yang paling dikenang karena hubungannya dengan John Coltrane dari tahun 1961 hingga 1967.

Lahir 3 Maret 1934, di Americus, Georgia, Amerika Serikat dan meninggal karena kanker paru-paru pada 7 April 1976, di New York City, AS.

Garrison dibesarkan di Miami, Florida, di mana dia belajar memainkan bass. Dia tumbuh dewasa di kancah jazz Philadelphia 1950-an, yang mencakup sesama: bassis Reggie Workman dan Henry Grimes, pianis McCoy Tyner dan pemain trompet Lee Morgan.

Antara 1957 dan 1962, Garrison bermain dan direkam dengan pemain: trompet Kenny Dorham, pemain klarinet Tony Scott, drummer Philly Joe Jones, dan pemain saksofon Bill Barron, Lee Konitz, dan Jackie McLean, serta Curtis Fuller, Benny Golson, Lennie Tristano, juga Pharoah Sanders.

Pada tahun 1961, ia merekam dengan Ornette Coleman, dan muncul di album Coleman; “Coleman on Tenor” dan “The Arts of Improvisors”. Dia juga bekerja dengan Walter Bishop Jr dan Cal Massey selama tahun-tahun di awal kariernya.

Dia secara resmi bergabung dengan John Coltrane pada tahun 1962, menggantikan Workman. Trio blues panjang, “Chasin’ the Trane” adalah satu penampilan rekaman pertamanya bersama Coltrane dan Elvin Jones. Garrison tampil di banyak rekaman Coltrane termasuk, “A Love Supreme”. Dalam konser dengan Coltrane, Garrison sering mamainkan solo improvisasi tanpa pendamping, terkadang sebagai pengantar lagu sebelum musisi lain bergabung.

Setelah kematian John Coltrane, Garrison bekerja dan merekam dengan Alice Coltrane, Hampton Hawes, Archie Shepp, Clifford Thornton dan grup yang dipimpin oleh Elvin Jones.

Pada tahun 1971 dan 1972, dia mengajar sebagai Seniman Tamu di Universitas Wesleyan dan Bennington College.

(Keterangan photo) Jimmy Garrison.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker